Ketua OJK Raih Penghargaan Global Good Governance

Jum'at, 03 Juni 2016 - 23:34 WIB
Ketua OJK Raih Penghargaan Global Good Governance
Ketua OJK Raih Penghargaan Global Good Governance
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Darmansyah Hadad memperoleh penghargaan Global Good Governance (3G) untuk kategori Government & Politics-Civil Service Award dari Cambridge IF Analytica.

Penghargaan diberikan karena Muliaman dinilai menjadi inspirasi dalam upaya menjunjung tinggi aspek profesionalisme dan mendorong penerapan tata kelola yang baik pada area pelayanan publik (public services).

Mendapat penghargaan ini, Muliaman menyampaikan bahwa penghargaan berharga ini tidak hanya pengakuan atas kerja pribadinya, juga pengakuan atas komitmen kuat OJK dalam meningkatkan praktik good governance di Indonesia.

“Sebagai otoritas yang bertanggung jawab mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan, OJK sangat perlu mengedepankan penerapan tata kelola yang baik,” katanya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Menurut Muliaman, keberhasilan suatu perusahaan tidak semata-mata berdasarkan prestasi kinerja keuangannya saja, juga implementasi dari good governance. Karena itu, fokus OJK pada penerapan governance ini sama intensifnya dengan fokus OJK pada penguatan aspek keuangan.

Mengambil pelajaran dari krisis keuangan Asia dua dekade lalu, fokus OJK pada pelaksanaan good governance di industri jasa keuangan sama pentingnya dengan memastikan industri jasa keuangan yang didukung dengan tingkat modal dan likuiditas yang baik.

“Penerapan good governance yang baik akan dapat bertindak sebagai cushion terhadap dampak dari krisis keuangan. OJK telah mengeluarkan berbagai inisiatif dan pengaturan yang pada dasarnya menunjukkan bahwa meningkatkan praktik tata kelola perusahaan yang baik di Indonesia merupakan prioritas utama OJK,” ujarnya.

Praktik tata kelola perusahaan yang terus disempurnakan akan memberikan perusahaan Indonesia banyak keuntungan, termasuk peningkatan daya saing, meningkatkan kepercayaan investor dan mengurangi biaya modal.

Penghargaan diberikan pada 26 Mei 2016 di Hotel Hyatt Regency Istanbul Turki dan diterima Konsulat Jenderal RI untuk Istanbul Turki, Harlan Hakim mewakili Muliaman yang berhalangan hadir karena mendampingi kegiatan Presiden Jokowi di pertemuan KTT G7 di Jepang.

Global Good Governance Awards “3G Awards” ini diberikan kepada individu di pemerintah, korporasi dan organisasi non-pemerintah (LSM) untuk keunggulan mereka dalam aspek transparansi, good governance dan tanggung jawab sosial (social responsibility).

Penetapan pemenangnya dilakukan The Global Good Governance (3G) Awards Committee yang dipimpin Humayon Dar seorang akademisi dari Inggris dengan gelar MPhil dan PhD in Economics dari Universitas Cambridge, sekaligus jurnalis, kolumnis dan juga pimpinan beberapa financial intelligence consultancy companies yang cukup berpengaruh. Dia juga merupakan visiting professor Islamic finance di berbagai universitas di Inggris, Malaysia dan Timur Tengah.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4343 seconds (0.1#10.140)