Jokowi: Banyak Wilayah Indonesia Masih Gelap

Jum'at, 10 Juni 2016 - 14:28 WIB
Jokowi: Banyak Wilayah Indonesia Masih Gelap
Jokowi: Banyak Wilayah Indonesia Masih Gelap
A A A
TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku prihatin dengan pasokan listrik yang dinilainya masih kurang merata dirasakan masyarakat Indonesia. Dia berharap, pembangkit-pembangkit listrik berdaya besar segera dibangun.

"Jawabannya sederhana. Karena kalau kita lihat malam hari dari atas wilayah Indonesia banyak yang masih gelap," tutur Jokowi saat Groundbreaking PLTU Lontar, Tangerang, Jumat (10/6/2016).

Menurutnya, ada banyak dampak yang diakibatkan kurangnya pasokan listrik kepada masyarakat. Salah satunya terhadap program pendidikan nasional. Di mana anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah akan kesulitan belajar, bahkan malas-malasan untuk belajar lantaran kondisi di rumah mereka belum disuplai aliran listrik.

(Baca: Alasan Jokowi Ngotot Bangun Proyek Listrik 35.000 MW)

"Kalau anaknya malas orang tuanya tidak ingatkan ya malamnya tidak mau belajar, anaknya jadi enggak pintar, ini yang pemerintah tidak mau," ujarnya.

Jokowi menambahkan, hal lain dampak dari kurangnya pasokan listrik adalah akan lesunya iklim usaha kalangan masyarakat, khususnya usaha kecil dan mikro (UKM) di wilayah pedesaan. "Inilah kenapa 35 MW ingin kita kejar, karena kita tidak mau kalah dengan negara lain yang terang benderang," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7908 seconds (0.1#10.140)