Dukung Pembiayaan Jalan Tol Trans Jawa, BNI Siapkan Rp3 Triliun

Jum'at, 17 Juni 2016 - 14:26 WIB
Dukung Pembiayaan Jalan Tol Trans Jawa, BNI Siapkan Rp3 Triliun
Dukung Pembiayaan Jalan Tol Trans Jawa, BNI Siapkan Rp3 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menjadi mandated lead arrangers and bookrunner dalam pembiayaan dua ruas jalan tol, yakni Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang. Kedua ruas jalan tol yang berada di Provinsi Jawa Tengah merupakan bagian penting dari Jaringan Jalan Trans Jawa (Jakarta - Surabaya) yang termasuk ke dalam daftar Percepatan Proyek Strategis Nasional.

(Baca Juga: Jokowi Kebut Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa)

BNI dan beberapa bank anggota sindikasi akan membiayai sebagian dari total biaya pembangunan yang dibutuhkan sebesar Rp6,8 triliun, dimana porsi kredit sindikasinya mencapai Rp 4,5 triliun. Total pembiayaan yang dibutuhkan untuk membangun ruas jalan tol Pemalang-Batang ini mencapai Rp5,3 triliun, dimana sebesar Rp3,5 triliun dibiayai dari sindikasi kredit BNI dengan lembaga keuangan lain.

Sementara itu Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan, BNI juga berupaya untuk mempercepat layanan pembayaran uang elektronik ruas tol tersebut sebagai bagian dari dukungan terhadap program pemerintah dalam memperlancar arus mudik pada musim liburan Ramadhan dan Lebaran 2016.

"Dengan melakukan pembayaran secara elektronis di gerbang-gerbang tol tersebut maka antrian kendaraan semakin pendek karena pembayaran tol dengan uang elektronik jauh lebih cepat dibandingkan dengam pembayaran secara manual menggunakan uang tunai," ujar Ryan keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (17/6/2016).

Dia juga menekankan BNI siap mendukung kolaborasi dengan seluruh perusahaan pengelola jalan tol dan bank-bank penyedia uang elektronik secara maksimal agar manfaat yang diterima masyarakat pengguna tol dapat dioptimalkan. Salah satu dukungan maksimal yang disiapkan BNI adalah dengan memastikan akseptasi fitur-fitur Kartu BNI TapCash dan memperluas akseptasi pembayaran elektronik BNI TapCash di jalur-jalur tol.

(Baca Juga: Mangkrak 20 Tahun, Jokowi Resmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang)

Saat ini, BNI TapCash sudah dapat digunakan di Tol JLJ/ JORR (Rorotan-Pondok Ranji), Tol MLJ (Ulujami-Meruya), Tol BORR (Bogor Selatan/ Sentul), Tol Jakarta Tangerang, dan Tol Jagorawi (baru sampai Cibubur). Mulai 13 Juni 2016, penggunaan BNI TapCash diperluas ke Tol Cikampek, Tol Purbaleunyi, Tol Cipali, Tol Palikanci, dan Tol SMR (Kanci-Pejagan) yang merupakan jalur mudik di musim Liburan Bulan Ramadhan dan Lebaran 2016.

Kemudahan untuk para pemudik pun diberikan dengan memastikan akseptasi fitur-fitur lain yang dimiliki BNI TapCash. Antara lain tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses tol, tetapi juga dapat digunakan untuk membeli tiket Bus TransJakarta, Kereta Commuter Jabodetabek, e-Parking Reska, Kereta Bandara Kualanamu Medan, pembayaran di UGM Foodpark, Snowbay Waterpark, Alfamart Jabodetabek, Lawson Jabodetabek, Terminal Parkir Elektronik DKI Jakarta, serta Merchant lainnya berlogo TapCash.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8000 seconds (0.1#10.140)