Jokowi Gelar Rakornas Pengendalian Inflasi Besok

Rabu, 03 Agustus 2016 - 18:07 WIB
Jokowi Gelar Rakornas Pengendalian Inflasi Besok
Jokowi Gelar Rakornas Pengendalian Inflasi Besok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Hotel Sahid, Jakarta, besok. Rakornas yang digawangi Bank Indonesia (BI) tersebut akan dihadiri para gubernur, pemerintah pusat dan kepala daerah dari 34 provinsi.

Rakornas TPID yang diselenggarakan setiap tahun ini merupakan perhelatan ke-7 mengangkat tema "Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah guna Mempercepat Infrastuktur dan Tata Niaga Pangan". Tak hanya itu, Rakornas akan dihadiri 15 menteri, Kepala Polri, dan Gubernur BI.

Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Juda Agung mengatakan, dengan diadakannya rakornas ini diharapkan bisa memperkuat sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengatasi krisis harga pangan.

"Nanti dalam acara tersebut ada 34 gubernur dari 34 provinsi, kemudian 455 bupati/walikota yang akan mewakili TPID di daerahnya masing-masing, total 489 peserta," ujar Juda di Gedung BI, Rabu (3/8/2016).

Sebagai agenda tahunan, pemerintah pusat juga akan menganugerahkan penghargaan untuk provinsi dan daerah/kota yang bisa menjaga inflasi dengan baik berdasarkan penilaian yang telah ditentukan.

"Penilaiannya bukan cuma pada pencapaian inflasi yang rendah, tapi juga proses yang terjadi di lapangan dalam mencapai inflasi yang rendah tersebut," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8395 seconds (0.1#10.140)