Menteri Rini Instruksikan PLN Caplok Anak Usaha Pertamina

Rabu, 10 Agustus 2016 - 16:36 WIB
Menteri Rini Instruksikan PLN Caplok Anak Usaha Pertamina
Menteri Rini Instruksikan PLN Caplok Anak Usaha Pertamina
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menginstruksikan PT PLN (Persero) untuk mengakuisisi anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor panas bumi (geothermal), yakni PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Pembicaraan awal mengenai pencaplokan anak usaha Pertamina telah dilakukan oleh PLN, Pertamina, dan Kementerian BUMN selaku pemegang saham.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, wacana akuisisi PGE muncul dari Kementerian BUMN. PLN selaku bagian dari Kementerian BUMN akan melaksanakan instruksi dari Menteri BUMN tersebut.

"Itu dari Kementerian BUMN (PLN akuisisi PGE). Kemarin kami bertemu bersama-sama. Bu Rini, dengan Dirut PLN, Dirut Pertamina dan Dirut PGE. Kira-kira dua minggu lalu. Kalau ada yang disampaikan Bu Rini sudah pasti harus dilaksanakan. Kan beliau pemilik," katanya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui kapan proses akuisisi itu akan dilaksanakan. Namun menurutnya, jika pencaplokan itu dilakukan lebih cepat maka akan lebih baik.

"Lebih cepat lebih baik (akuisisi PGE). Memang penugasan. Ini kan perintah Bu Rini," imbuh dia.

Sementara, mengenai dana untuk akuisisi tersebut, mantan Bos BRI ini menegaskan, PLN akan mencarinya baik melalui pinjaman atau lainnya. Sayangnya, Sofyan masih enggan membocorkan jumlah dana yang dibutuhkan untuk mengakuisisi anak usaha BUMN migas tersebut.

"Kita cari. Kan kami punya kesempatan cari pinjaman masih besar. Jangan dibuka harganya dong," tandas Sofyan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7959 seconds (0.1#10.140)