Jokowi Minta Perluasan Pelabuhan Sibolga Rampung Akhir 2017

Minggu, 21 Agustus 2016 - 13:21 WIB
Jokowi Minta Perluasan Pelabuhan Sibolga Rampung Akhir 2017
Jokowi Minta Perluasan Pelabuhan Sibolga Rampung Akhir 2017
A A A
SIBOLGA - Dalam kunjungannya ke Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan maket dan display panel sekaligus groundbreaking pembangunan perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga di Kota Sibolga.

Jokowi menegaskan perluasan pelabuhan Sibolga harus selesai pada akhir 2017. "Kemarin maunya 2018, saya tidak mau, saya ingin yang cepat, akhir 2017 selesai sudah," ujarnya, kemarin.

Dia mngatakan, pentingnya pembangunan infrastruktur agar Indonesia bisa maju dan siap bersaing dengan negara lain. "Kalau negara ingin maju, tanpa infrastruktur jangan berharap bisa bersaing dengan negara lain. Tidak mungkin, karena infrastruktur ini basic sekali," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan pemerintah setempat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di daerah tersebut. "Ini rampung, SDM harus digarap habis-habisan agar bisa bersaing, bisa berkompetisi," imbuhnya.

Diharapkan perluasan pelabuhan Sibolga dapat melancarkan distribusi barang ke pulau Nias dan sekitarnya serta menekan angka inflasi, karena selama ini Pelabuhan Sibolga hanya bisa disandari satu kapal besar.

"Pelabuhan ini sudah ada berapa puluh tahun, padahal saya waktu SD masih ingat kalau pelabuhan mesti disebut pelabuhan Sibolga, salah satu pelabuhan yang tertua tetapi tidak pernah dikembangkan," terangnya.

Karena itu, setelah mendapat laporan dari Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan tentang kondisi dan perhintungan di lapangan, akhirnya Jokowi sepakat untuk mengembangkan pelabuhan Sibolga.

"Ya memang hitung-hitungan kalkulasi bisa dikembangkan berapa kali lipat dari yang sekarang. Kalau yang sekarang 24.000 teus per tahun, nantinya akan dikembangkan menjadi 60.000 teus, jadi tiga kali lipat dari yang sekarang ini," kata dia.

Jokowi juga berjanji untuk memperbaiki dan mengembangkan bandara yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. "Untuk di sini pelabuhan di bangun, nanti tahun depan terminal airport-nya juga dibangun," ujarnya.

Setelah meresmikan perluasan pembangunan Pelabuhan Sibolga, Jokowi berkeliling melihat dermaga pelabuhan tersebut. Selain perluasan pelabuhan, Presiden meminta adanya pengembangan industri perikanan.

"Akhir 2017 akan selesai. Kita harapkan juga ada pengembangan industri di sini yaitu industri perikanan, bisa cold storage bisa nanti juga dengan pengalengan," katanya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6912 seconds (0.1#10.140)