Artis Senior Ini Sebut Ditjen Pajak Selalu Telat Bertindak

Selasa, 30 Agustus 2016 - 19:11 WIB
Artis Senior Ini Sebut Ditjen Pajak Selalu Telat Bertindak
Artis Senior Ini Sebut Ditjen Pajak Selalu Telat Bertindak
A A A
JAKARTA - Artis senior Roy Marten menanggapi dingin pernyataan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan yang mengungkapkan bahwa para pekerja seni dan kalangan dunia hiburan atau artis banyak yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) pajaknya dengan baik dan benar.

(Baca: DJP: Banyak Artis Belum Punya NPWP)

Menurutnya, Ditjen Pajak Kemenkeu selalu telat dalam bertindak dan memajaki para pesohor di Tanah Air. Dia mengakui hingga saat ini masih banyak para pekerja seni di Indonesia yang belum memiliki NPWP dan taat pajak.

Namun, seharusnya Ditjen Pajak bergerak cepat dengan menjemput bola agar para artis tersebut bisa mematuhi kewajibannya. "Banyak (artis yang belum punya NPWP), saya kira banyak. Harusnya cepat, yang top top sekarang didatangi. Harus jemput bola, jangan kalau sudah pensiun, enggak ada penghasilan, sudah tua baru dipajakin," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Saat ditanya kepemillikan NPWP-nya, bintang sinetron Kupu-kupu Kertas ini memastikan bahwa dirinya memiliki NPWP. "Wah kalau saya sendiri sudah punya. Memang Ditjen Pajak ini selalu terlambat. Jadi sewaktu terkenal, banyak duit itu enggak dipajakin. Nanti kalau sudah pensiun baru dipajakin. Selalu terlambat," kata Roy.

Sementara, presenter sekaligus aktor Gading Marten menyatakan bahwa sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang baik maka harus mematuhi kewajiban membayar pajak, termasuk membuat NPWP. Jadi, dirinya pun saat ini telah memilikinya.

"Harusnya sih punya. Saya pribadi punya, karena memang itu suatu kewajiban untuk penduduk ya. Untuk ngurus apapun ya butuh itu," ujar dia.

Anak dari aktor kawakan Roy Marten ini tak tahu pasti apakah artis di Tanah Air banyak yang belum memiliki NPWP. Namun menurutnya, NPWP saat ini sangat dibutuhkan untuk membuka bisnis, membuat kartu kredit, ataupun cicilan mobil.

"Kalau masing-masing pribadi sih enggak tahu ya. Tapi kan beberapa teman ada yang di dunia seni kadang punya bisnis atau nyicil mobil kan butuh NPWP," tandasnya.

Baca Juga:

Dicap Belum Punya NPWP, Ini Komentar Artis Tanah Air
Ditanya Pajak, Artis Nilai Tax Amnesty Rusak Mental Bangsa
Banyak Artis Tak Punya NPWP, Hanya Pintar Acting
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5003 seconds (0.1#10.140)