HT: Tax Amnesty Gagal, Akan Ada Pemangkasan Anggaran Lagi

Kamis, 08 September 2016 - 17:16 WIB
HT: Tax Amnesty Gagal, Akan Ada Pemangkasan Anggaran Lagi
HT: Tax Amnesty Gagal, Akan Ada Pemangkasan Anggaran Lagi
A A A
JAKARTA - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengungkapkan, jika program pengampunan pajak atau tax amnesty gagal mencapai target, maka akan ada pemangkasan anggaran lagi. Pasalnya penerimaan pajak dari uang tebusan amnesti pajak tidak mampu menutupi defisit terhadap belanja negara.

(Baca Juga: HT Ungkap Kelemahan Pembangunan Ekonomi RI)

HT menjelaskan, realisasi jumlah uang tebusan saat ini masih terlalu jauh dari target Rp165 triliun. Sehingga, pemotongan anggaran menghantui Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN)

"Masih di bawah Rp5 triliun dari Rp165 triliun. Akibatnya ketika tidak tercapai tax amnesty, akan ada pemotongan anggaran lagi," ujarnya saat membuka acara Rakornas PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) di Wisma Indovision 2, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Kendati demikian kata HT, pertumbuhan ekonomi masih bisa menyentuh 5%. Hal ini didorong oleh konsumsi masyarakat yang masih besar.

"Saya lihat ekonomi masih tumbuh 4,5%-5% ke depan, meski gonjang-ganjing perlambatan ekonomi. Tapi kalau bisnis berhubungan dengan konsumsi masyarakat, pasarnya masih besar meski tidak sebesar tahun sebelumnya," lanjutnya.

Dia menyampaikan, ekonomi Indonesia yang masih terbilang baik dari yang lain belum tentu membuat kinerja perusahaan nasional terus melesat. Sebabnya pengusaha tidak bergantung terhadap pemberian, dalam hal ini pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Meskipun tatanan ekonomi dan industri menjanjikan, belum tentu kinerja satu perusahaan bisa lebih baik. Sukses itu sesuatu yang harus diusahakan, sukses bukan pemberian, sukses tidak tergantung berapa lama kita kerja dan usia kita," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9431 seconds (0.1#10.140)