Bandara Adisutjipto Lakukan Investasi Kepuasan Penumpang

Jum'at, 09 September 2016 - 02:00 WIB
Bandara Adisutjipto Lakukan Investasi Kepuasan Penumpang
Bandara Adisutjipto Lakukan Investasi Kepuasan Penumpang
A A A
YOGYAKARTA - PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, terus berusaha melakukan investasi demi kenyamanan penumpang. Meski bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan segera beroperasi menggantikan Bandara Adisutjipto, namun otoritas bandara terus menambah kenyamanan.

General Manager AP I Bandara Adisutjipto, Kolonel Pnb Agus Pandu Purnama mengatakan, saat ini pihaknya dituntut terus meningkatkan pelayanan terhadap penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara Adisutjipto. Sebab, tuntutan tersebut sesuai dengan perintah dari PT Angkasa Pura Pusat untuk meningkatkan pelayanan demi kepuasan penumpang.

"Kami selalu ditekan untuk memberikan layanan maksimal," tandasnya ketika melakukan kegiatan Badan Umum Milik Negara (BUMN) Mengajar di SMA Angkasa Adisutjipto, Kamis (8/9/2016).

Agus mengatakan, saat ini angka Customer Satisfication Index (CSI) mengalami peningkatan. Peningkatan ini tak hanya berada di Bandara Adisutjipto, tetapi juga di 13 bandara lain yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I. Indeks kepuasan berdasarkan dari survei yang dilakukan oleh tim independen. Tim survei ini menanyakan beberapa kriteria kepuasan konsumen.

Dan tahun ini, angka CSI naik dibanding tahun lalu. Angka CSI di Bandara Adisutjipto mencapai 3,62, naik dari sebelumnya yaitu 3,56. Peningkatan ini, lanjutnya, berkat investasi yang terus dilakukan manajemen untuk menambah berbagai fasilitas demi kenyamanan penumpang yang ada di bandara ini.

Menurutnya, investasi penambahan berbagai fasilitas diperlukan untuk membuat penumpang menjadi nyaman. Beberapa investasi yang dilakukan diantaranya penambahan jumlah parking stand, run way, kanopi di jalur penumpang menuju pesawat, penambahan wc umum dan fasilitas ruang tunggu penumpang seperti penambahan kursi tunggu. "Memang menyedot pendapatan kami. Tetapi itu demi kenyamanan," paparnya.

Untuk tahun ini, lanjutnya, pihaknya akan segera menambah lagi dua parking stand. Penambahan parking stand ini untuk mengurangi lama menunggu penumpang karena arus pesawat menjadi lebih lancar. Dengan penambahan area parking stand maka jumlah parking stand menjadi 11 unit. Pihaknya juga akan menambah beberapa fasilitas lainnya untuk membuat penumpang semakin nyaman.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8375 seconds (0.1#10.140)