Kemenhub Cek Kesiapan Pesawat Hadapi Libur Idul Adha

Sabtu, 10 September 2016 - 16:41 WIB
Kemenhub Cek Kesiapan Pesawat Hadapi Libur Idul Adha
Kemenhub Cek Kesiapan Pesawat Hadapi Libur Idul Adha
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini melakukan pengecekan rutin (ramp check) beberapa pesawat udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat musim libur Idul Adha pada pekan ini.

‎Pengecekan dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo dan beberapa tim dari Kemenhub. Pemeriksaan meliputi dokumen pesawat, prosedur dan manual pesawat, fisik pesawat seperti mesin, roda, sayap, kabin, kelengkapan emergensi, personil operasi seperti lisensi pilot, medis pilot, lisensi awak kabin, dan personil perawatan pesawat.

Direktur Kelaikan Udara Kemenhub Mohammad Alwi‎ mengatakan, pada dasarnya ramp check selalu dilakukan setiap pesawat mendarat. "Jadi semuanya, begitu pesawat mendarat dicek semuanya. Apa ada yang kendor, rem yang harus diganti ban nya. Itu dicek semua," katanya di Apron Terminal 2 Bandara Soetta, Sabtu (10/9/2016).

Selain itu, pemerintah juga mengecek kelengkapan lisensi mekanik dan pilot pesawat. Menurutnya, lisensi tersebut harus selalu dibawa setiap kali bertugas.

"‎Jadi taunya ahli dari mana? Ini ada keterangannya. Beliau ini punya BOEING 737-600-400-500, kedua punya BOEING Yang mengeluarkan izin itu Direktur Kelaikan Udara Kemenhub‎," tandasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)