Week End, Kantor Pajak Diserbu Calon Peserta Tax Amnesty

Sabtu, 24 September 2016 - 14:03 WIB
Week End, Kantor Pajak Diserbu Calon Peserta Tax Amnesty
Week End, Kantor Pajak Diserbu Calon Peserta Tax Amnesty
A A A
JAKARTA - Hari ini, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak terlihat seperti biasanya. Para Wajib Pajak (WP) berkerumun di lantai 2 Gedung Utama Kantor Pusat Ditjen Pajak, untuk mendaftarkan diri dalam program pengampunan pajak (tax amnesty).

Dari pantauan Sindonews, para WP telah menunggu sejak pagi untuk mendaftarkan diri dalam program amnesti pajak yang diusung pemerintahan Jokowi-JK. Khusus untuk melayani calon peserta tax amnesty, Kantor Pajak membuka pendaftaran pada akhir pekan (week end) mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyararakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi para wajib pajak yang hari ini datang untuk mengikuti program tax amnesty. Dia mengakui, para wajib pajak tersebut telah sejak pagi mendatangi Kantor Pajak untuk melaporkan hartanya dalam program tersebut.

"‎Kami sangat mengapresiasi wajib pajak yang hari-hari ini datang begitu banyak di kantor-kantor pajak termasuk di sini, sudah ramai dari pagi tadi. Artinya antusiasme itu mencerminkan kesadaran WP untuk ikut amnesti pajak," ujarnya di Gedung Ditjen Pajak Kemenkeu, Jakarta, Sabtu (24/9/2016).

Dia menyebutkan, dalam sehari sejak kemarin setidaknya terdapat 15.000 hingga 20.000wajib pajak yang berduyun-duyun datang ke Kantor Pajak di seluruh Indonesia, untuk mengikuti tax amnesty.

Hingga saat ini telah ada 140 ribu wajib pajak yang mendaftarkan diri mengikuti program pengampunan pajak.

"‎Total wajib pajak semalam 140 ribu (wajib pajak peserta tax amnesty) seluruh Indonesia, dan sekarang setiap hari itu 15 ribu (wajib pajak), mungkin nanti di minggu-minggu depan akan semakin banyak," kata Hestu.

Menurutnya, karakter orang Indonesia memang kerap menunggu hingga di akhir masa periode sebelum memutuskan untuk mengikuti satu program. Tak terkecuali untuk amnesti pajak, masyarakat memilih untuk menunggu hingga akhir periode 1 sebelum akhirnya memutuskan untuk ikut.

"‎Ini memang karakter masyarakat kita yang menunggu saat-saat akhir, ini cukup signifikan lonjakan di saat terakhir. Termasuk uang tebusan, deklarasi harta dan repatriasi juga melonjak pada akhir-akhir ini," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1267 seconds (0.1#10.140)