Ini Kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Selasa, 11 Oktober 2016 - 15:25 WIB
Ini Kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
Ini Kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, pemerintah tengah menjajaki kerja sama dengan Jepang untuk menggarap proyek kereta semicepat (medium high speed train) Jakarta-Surabaya. Nantinya, kereta tersebut akan berkecepatan sedang atau sekitar 200 kilometer (km) per jam.

Dia mengatakan, pemerintah Indonesia dan Jepang akan melakukan survei gabungan (joint survey) mengenai proyek tersebut. Luhut menyatakan segera membicarakan hal ini dengan Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kereta api cepat Jakarta-Surabaya yang juga sebenarnya sudah disepakati ‎waktu itu. Nanti dengan Ibu Rini akan kita bicarakan. Mereka juga mau melakukan joint survey antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Jepang," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Mantan Menkopolhukam ini berharap, survei gabungan tersebut dapat terlaksana pada kuartal I/2017. Sehingga, proyek ini akan dapat segera digarap.

"Karena ini punya impact ekonomi yang luar biasa. Yaitu kita berharap kalau boleh sih first quarter paling lambat second quarter 2017 bisa kita mulai," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6085 seconds (0.1#10.140)