Kadin: Dana Asing Kabur Bukan Karena Demo 4 November

Sabtu, 05 November 2016 - 15:05 WIB
Kadin: Dana Asing Kabur Bukan Karena Demo 4 November
Kadin: Dana Asing Kabur Bukan Karena Demo 4 November
A A A
JAKARTA - Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meyakini, dana asing yang keluar dari pasar modal Tanah Air pada perdagangan kemarin bukan disebabkan oleh aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh beberapa organisasi keagamaan. Hingga sesi siang kemarin, bursa saham telah kehilangan dana asing Rp200 miliar.

Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani menyatakan, aksi ambil untung (profit taking) yang dilakukan investor asing adalah hal biasa. Apalagi, nominalnya pun tidak terlalu besar.

"Kalau kita melihatnya demo enggak ya. Karena dana asing keluar masuk kan biasa setiap hari ya," katanya saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (5/11/2016).

Menurutnya, pertumbuhan pasar modal di Indonesia sepanjang tahun ini jauh lebih besar dibanding aksi profit taking yang dilakukan investor asing kemarin. Aksi ambil untung tersebut, kata Rosan, hanya kebetulan momennya pas dengan aksi unjuk rasa soal isu penistaan agama yang dilakukan Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Ya kebetulan karena kemarin aja, kan musti dilihat juga pertumbuhan pasar modal kita juga sudah cukup tinggi. Kan ada aksi taking profit dan kebetulan jatuhnya kemarin. Jadi enggak di pas-pasin juga ya. Saya sih melihatnya enggak lah," tandasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5394 seconds (0.1#10.140)