Sikapi Inovasi, BI Akan Luncurkan Fintech Office Pekan Depan

Senin, 07 November 2016 - 15:58 WIB
Sikapi Inovasi, BI Akan Luncurkan Fintech Office Pekan Depan
Sikapi Inovasi, BI Akan Luncurkan Fintech Office Pekan Depan
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan Financial Technology (Fintech) Office pekan depan. Peluncuran ini dilakukan untuk menyikapi inovasi bisnis Fintech yang mulai berkembang.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Eni V Penggabean mengatakan, keberadaan Fintech Office hanya untuk perusahaan yang benar-benar Fintech. Bukan untuk hanya yang mengaku perusahaan Fintech.

"Kita menyikapi Fintech sebagai inovasi baru. Kalau regulasi akan luncurkan Fintech Office 14 November ini luncurkan di BI untuk Fintech yang benar-benar Fintech," ujarnya dalam seminar Indonesia Naik Kelas yang diselenggarakan KORAN SINDO dan SINDOnews di Grand Ballroom, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Eni menjelaskan, asosiasi Fintech sudah melakukan penyaringan terhadap perusahaan yang benar-benar Fintech. Definisi Fintech yang luas dinilai jadi sebab hal itu dilakukan.

"Asosiasi Fintech akui milah-milah yang Fintech dan bukan, definisi luas. Ada perusahaan teknologi kelompokan Fintech, ada yang sudah berizin terus gabung ke Fintech maka di-maping dulu," kata dia.

Dari 100 perusahaan yang sudah didata, pihaknya akan memilah lagi mana yang sudah mengenal aturan dan belum. Sama halnya dengan keberadaan Go-Jek.

"Aturan Fintech, kita data 100 perusahaan, kita pilah lagi. Ada yang suda kenal aturan ada yang belum. Kalau Go-Jek aturan dia dengan uang elektronik sudah ada aturannya di kita. Dia gunakan basis namanya wallet akan keluarkan tanggal 14 November juga (aturannya)," pungkas Eni.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7756 seconds (0.1#10.140)