Pemerintah Berusaha Meminimalisir Dampak Sentimen Global

Selasa, 08 November 2016 - 15:25 WIB
Pemerintah Berusaha Meminimalisir Dampak Sentimen Global
Pemerintah Berusaha Meminimalisir Dampak Sentimen Global
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah berusaha menjaga dan meminimalisir sentimen global untuk menjaga angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di level stabil.

Menurutnya, di tengah derai politik yang terjadi di beberap negara maju, membawa dampak tersendiri untuk Indonesia dari segi sentimen ekonomi. Menkeu tak melihat ada sesuatu pelemahan baik dari sisi makro dan mikro ekonomi dalam negeri.

"Dari sisi APBN, Indonesia jumlah level defisitnya relatif kecil dibanding negara emerging market yang lain. Jadi, dari sisi makro ekonomi kita memiliki kinerja yang bisa menimbulkan confident, jadi bisa mengurangi spekulasi dan sentimen negatif dari luar negeri," katanya di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Dari sisi mikro maupun reform, lanjut dia, Indonesia masuk kategori sebagai negara the best reformer dan paling cepat kenaikannya dari segi Easy of Doing Bussiness (EODB). Saat ini, peringkat Indonesia naik ke 91. "Ini akan memberi confident besar dan menetralisir sentimen negatif dari luar," ujar dia.

Sri Mulyani mengatakan, jika pemerintah bisa konsisten menjelaskan kebijakan-kebijakan ekonominya untuk menjaga momentum pertumbuhan dalam negeri, maka diharapkan cukup kuat untuk mengurangi atau mendiskriminasikan Indonesia dari sentimen negatif luar. "Maka, kita tidak akan masuk dalam kategori dan kelompok negara rapuh," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6785 seconds (0.1#10.140)