Menteri ESDM Ingin Penunjukan Penyalur BBM Tiap 5 Tahun

Kamis, 24 November 2016 - 20:40 WIB
Menteri ESDM Ingin Penunjukan Penyalur BBM Tiap 5 Tahun
Menteri ESDM Ingin Penunjukan Penyalur BBM Tiap 5 Tahun
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengutarakan usulan agar penunjukan dan penugasan perusahaan sebagai penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu dilakukan setiap lima tahun. Saat ini, penunjukan dan penugasan distribusi BBM dilakukan setiap tahun.

(Baca Juga: ESDM Tugaskan Pertamina dan AKRA Distribusikan BBM Satu Harga)

Dia menambahkan ingin Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk berdiskusi dengan pihak lain selaku pemangku kepentingan, agar hal ini bisa dilakukan. "Nanti tolong pak kepala BPH dan anggota komisi, coba berunding dengan mereka (stakeholder). Coba nanti kalau dilakukan penunjukan setiap 5 tahun saja gimana? Boleh enggak?" ‎kata Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Lebih lanjut dia menerangkan alasannya karena dengan periode yang lebih panjang, perusahaan bisa lebih pasti dalam berinvestasi. Karena menurut dia mereka butuh juga kepastian investasi jangka panjang yang tentu saja nilainya tidak sedikit. Menurut Jonan, jika dilakukan tiap tahun, akan berat. "Maka, para penyalur itu bisa melakukan investasi yang pasti. Kalau setahun-setahun berat," terangnya.

Tak hanya itu dia mengatakan nantinya, setiap tahun BPH migas hanya perlu mengatur kuota untuk perusahaan untuk periode 10-15 tahun yang sifatnya jangka menengah sampai panjang. Dirinya pun membandingkan dengan kontrak yang berlaku di sektor hulu yang bisa mencapai puluhan tahun. "Seharusnya sih bisa, lah di hulu saja bisa sampai 30 tahun kontraknya. Berapa presiden tuh yang dilewatin?" tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1973 seconds (0.1#10.140)