Pasar Industri Outdoor Terus Meningkat

Minggu, 27 November 2016 - 20:31 WIB
Pasar Industri Outdoor Terus Meningkat
Pasar Industri Outdoor Terus Meningkat
A A A
YOGYAKARTA - Consina, salah satu brand peralatan outdoor nasional terus menggempur pasar outdoor Yogyakarta. Setelah memiliki tiga buah outlet tempat penjualan berbagai peralatan outdoor, kali ini mereka menambah satu outlet lagi.

Owner Consina, Dision Toba mengatakan, pasar outdoor di Yogyakarta kini tengah berkembang dengan baik seiring dengan bertumbuhnya industri pariwisata di wilayah ini. Banyaknya wisatawan serta para pendatang terutama pelajar dan mahasiswa di wilayah DIY mengakibatkan peralatan outdoor terus berkembang.

Pihaknya mencatat setiap tahun pasar outdoor mengalami pertumbuhan 30%. "Yogyakarta merupakan salah satu pasar potensial produk kami," paparnya saat pembukaan outlet terbaru mereka, Minggu (27/11/2016).

Menurutnya, semakin hari edukasi terhadap masyarakat terkait peralatan outdoor kian membaik. Masyarakat mengenal peralatan outdoor bukan hanya sekadar peralatan camping ataupun naik gunung semata. Namun, peralatan outdoor sudah merupakan sebuah gaya hidup atau lifestyle dan hobi yang harus mereka penuhi.

Peralatan outdoor seperti jaket, sepatu, tas ataupun lainnya sudah mulai dikenakan untuk kebutuhan sehari-hari. Kualitasnya yang prima serta desain yang terus berubah bahkan hampir setiap hari selalu ada desain baru mengakibatkan peralatan outdoor kini sudah berubah menjadi trendsetter.

Ribuan item produk peralatan outdoor mampu memberikan kepuasan bagi para pelanggan yang ingin mendapatkan barang sesuai keinginan mereka. Dision menambahkan, pasar peralatan outdoor mulai berkembang dengan baik dalam tiga tahun terakhir ini.

Maraknya media sosial yang mampu menyebarkan secara cepat berbagai keindahan alam dan obyek wisata di Tanah Air menjadi salah satu faktor pemicu berkembangnya industri outdoor di Tanah Air. Potensi pasar yang terus berkembang menjadi magnet pemain baru untuk bermain di industri ini.
"Respons masyarakat cukup bagus, sehingga pasar terus berkembang," tambahnya.

Saat ini, industri peralatan outdoor memang berkembang dengan baik, bahkan produsen-produsen lokal terus menunjukkan eksistensinya di dalam negeri. Mereka mampu bersaing dengan produsen-produsen luar negeri dalam hal kualitas produk mereka.

Hal tersebut terbukti dari outlet Consina, 80% produk yang dijual adalah produksi dalam negeri, sisanya 20% merupakan barang impor. Dia meyakini, pasar outdoor akan terus berkembang di Tanah Air terutama di Yogyakarta.

Wisata alam yang menjadi andalan wilayah ini memberi jaminan berkembangnya industri outdoor di wilayah ini. Para produsen tidak perlu melakukan edukasi terlalu keras terhadap masyarakat, sebab pasar akan terbentuk dengan sendirinya seiring majunya industri pariwsata di wilayah ini. "Edukasi sudah dengan sendirinya terbentuk," ujarnya.

Agus, salah seorang pemilik outlet outdoor yang lain mengakui jika pasar outdoor di Yogyakarta kini sudah berkembang dengan baik. Dengan target market yang khusus dan sudah terbentuk, maka segala macam peralatan outdoor mulai dari yang paling murah hingga paling mahal selalu terjual.

Destinasi-destinasi obyek wisata alam baru yang terus bermunculan menambah positif iklim bisnis ini. "Wisata alam kini tengah nge-hits, jadi peralatan outdoor turut terdongkrak," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5714 seconds (0.1#10.140)