Rekam Jejak Mr Clean, Mar'ie Muhammad

Minggu, 11 Desember 2016 - 13:12 WIB
Rekam Jejak Mr Clean, Marie Muhammad
Rekam Jejak Mr Clean, Mar'ie Muhammad
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan di era pemerintahan Soeharto, Mar'ie Muhammad tutup usia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta, Minggu dinihari (11/12/2016) sekitar pukul 01.37 WIB.

(Baca: Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad Tutup Usia)

Pria yang dijuluki "Mr Clean" menghembuskan napas terakhirnya di usia 77 tahun. Sebelumnya mantan Dirjen Pajak ini sudah dirawat di RS Pusat Otak Nasional sejak pertengahan November lalu.

Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Mar'ie lahir di Surabaya pada 3 April 1939. Gelar terakhir yang diraih adalah Master of Arts in Economics dari Universitas Indonesia.

Perjalanan karirnya di Kementerian Keuangan dirintis sejak 1969. Pada 1969-1972 bekerja di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Kementerian Keuangan dan pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong pada 1971.

Pada 1972-1988 mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Kementerian Keuangan dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Kemudian, pada 1988-1993 menjadi Direktur Jenderal Pajak.

Dia dijuluki "Mr Clean" karena perjuangannya memberantas korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan. Di samping itu, dia juga berupaya meningkatkan efisiensi dan berusaha membersihkan institusi dari pegawai yang korup.

Lalu, pada 17 Maret 1993, Mar’ie Muhammad diangkat Presiden Soeharto untuk menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Pembangunan VI. Tindakan nyata yang dilakukan adalah menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar.

Kebijakan menonjolnya selama menjadi Menteri Keuangan adalah upaya mengatasi kredit macet dengan empat jurus penyehatan bank. Pertama, meningkatkan kolektibilitas kredit yang telah disalurkan.

Kedua, pemberian kredit harus benar-benar berdasarkan kaidah perbankan yang sehat. Ketiga, setiap kredit yang diberikan harus benar-benar diawasi penggunaannya tanpa mencampuri masalah intern penerima kredit, dan keempat yaitu menurunkan biaya overhead.

Selama lima tahun menjadi Menteri Keuangan, pada awal tahun 1997 Indonesia pernah menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian.

Sementara, dalam lama Wikipedia menyebutkan bahwa Mar'ie Muhammad juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) periode 22 Desember 1998 sampai 22 Desember 2009 menggantikan Siti Hardijanti Rukmana dan digantikan oleh Jusuf Kalla.

Baca Juga:

Sri Mulyani Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya Mar'ie Muhammad
Mar'ie Muhammad di Mata Sri Mulyani
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5751 seconds (0.1#10.140)