Apa Kabar Tol Laut Garapan Jokowi

Minggu, 11 Desember 2016 - 14:39 WIB
Apa Kabar Tol Laut Garapan Jokowi
Apa Kabar Tol Laut Garapan Jokowi
A A A
Dua tahun sudah Joko Widodo dan Jusuf Kalla memimpin Indonesia. Sejak pencalonan diri hingga sudah dimandatkan oleh rakyat menjadi pemimpin negeri, Jokowi dan JK mempunyai program andalan pembangunan maritim. Tol laut pun disematkan untuk program jagoan tersebut.

Menurut Makbul Muhammad Direktur Maritim Research Institute, ada dua agenda besar presiden Jokowi di bidang maritim; Pertama dalam konteks internasional, pemerintah ingin mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kedua dalam konteks nasional, pemerintah ingin mewujudkan konektivitas logistik nasional dengan konsep tol laut. “Kepentingan nasional dan poros maritim,” katanya.

Pilihan visi maritim sebagai arah pembangunan utama, Jokowi pun dinilai cakap dan jeli. Kendati sebenarnya, visi maritim itu sudah seharusnya menjadi pilihan setiap penguasa baru Indonesia. Mengingat, letak geografis Indonesia yang strategis dan menjadi lalu lintas perdagangan Internasional dengan 2/3 luas wilayahnya adalah laut, potensi ini memang menjadi keharusan untuk lebih memaksimalkan sektor kemaritiman.

Memang, dalam dua tahun pemerintahannya, akan tidak obyektif kalau visi maritim di bidang Tol Laut dinilai belum berhasil. Hanya saja sebagai bahan evaluasi, seperti diungkapkan Makbul, pertama, menyangkut Tranportasi Laut Nasional, peringkat indeks konektivitas Indonesia di sektor transportasi laut nyatanya melorot. Berdasarkan data yang dirilis World Economic Forum pada tahun 2015-2016, Indonesia berada di peringkat 82. Sebelumnya, pada tahun 2014-2015 kita menduduki peringkat 77.

Lalu bagaimana nasib program andalan tersebut? Ingin tahu lengkapnya baca Majalah SINDO Weekly No.41, Tahun V, 2016 yang terbit mulai Senin (12/12/2016).
Apa Kabar Tol Laut Garapan Jokowi
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3878 seconds (0.1#10.140)