Rumah Susun Solusi Atasi Keterbatasan Lahan Perkotaan

Senin, 26 Desember 2016 - 22:22 WIB
Rumah Susun Solusi Atasi Keterbatasan Lahan Perkotaan
Rumah Susun Solusi Atasi Keterbatasan Lahan Perkotaan
A A A
JAKARTA - Peremajaan kota (urban renewal) adalah solusi untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan perkotaan perumahan. Upaya mengganti sebagian atau seluruh unsur-unsur lama dengan unsur baru bertujuan meningkatkan vitalitas dan kualitas lingkungan hunian. Salah satunya dengan pembangunan hunian vertikal rumah susun (rusun).

Menurut Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk Cosmas Batubara, salah satu bentuk implementasi konsep peremajaan kota untuk mengatasi sulitnya pengadaan lahan untuk mencukupi kebutuhan perumahan kota adalah dengan membangun rumah susun atau apartemen.

“Untuk kota-kota besar karena keterbatasan lahan maka pemerintah daerah harus membangun rumah susun atau apartemen,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/12/2016).

Namun, karena kultur sebagian besar masyarakat Indonesia hidup di rumah tapak, ia mengusulkan pemerintah dan pengembang untuk melakukan edukasi pada genarasi muda agar siap hidup di lingkungan apartemen.

Cosmas yang juga mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat di era Presiden Soeharto itu mengatakan, pengadaan perumahan rakyat merupakan salah satu amanat utama yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945. Dari sejak kabinet pertama republik hingga Kabinet Kerja dibawah Presiden Joko Widodo saat ini, sektor perumahan menjadi prioritas.

Di era Presiden Joko Widodo program pengadaan perumahan dilakukan dengan menggabungkan Kementrian Pekerjaan Umum dengan Kementrian Perumahan Rakyat (PUPR), dan program pengadaan satu juta rumah diluncurkan tahun 2015 lalu untuk memenuhi program nasional pengadaan kebutuhan 15 juta rumah. Presiden Joko Widodo, menurut Cosmas, juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mendukung program pengadaan perumahan.

Menurut Cosmas sebagai salah satu perusahaan pengembang terbesar di Indonesia, pihaknya juga turut berpartisipasi dalam program pengadaan satu juta rumah seperti yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), melalui berbagai proyek pengembangan apartemen dengan harga terjangkau, seperti superblok Podomoro Golf View (PGV), Cimanggis, yang sedang dikembangkan, serta sebelumnya telah sukses membangun rusunami Gading Nias Residence dan Kalibata City.

APL juga menggandeng Universitas Gunadarma untuk peningkatan sumber daya manusia, dan kerja sama di bidang pengembangan pendidikan tinggi yang meliputi pelatihan, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat di sekitar wilayah Podomoro Golf View, Cimanggis, Depok. Kedua pihak juga menjalin kerja sama untuk pembangunan Kampus Terpadu Universitas Gunadarma seluas 2 hektare di dalam kawasan superblok Podomoro Golf View.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0881 seconds (0.1#10.140)