IKN Gairahkan Bisnis Properti di Sejumlah Wilayah Penyangga

Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:01 WIB
loading...
IKN Gairahkan Bisnis Properti di Sejumlah Wilayah Penyangga
Agung Podomoro Land akan meramaikan bisnis properti di wilayah penyangga IKN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masifnya progres pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan bisnis properti di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Sejumlah pengembang properti mulai meramaikan kota-kota penyangga dengan produknya, tak terkecuali mahakarya milik Agung Podomoro yang berada di poros IKN, yakni The Premiere Hills Samarinda dan Borneo Bay City Balikpapan.



Assistant Vice President Marketing Agung Podomoro Yenti Lokat menjelaskan pembangunan IKN yang telah mencapai 37% semakin menguatkan perekonomian Kaltim. Dengan status sebagai proyek strategis nasional (PSN), keberadaan pembangunan IKN telah mendorong masuknya investasi besar, yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

"Sebagai pengembang, Agung Podomoro memiliki komitmen tinggi dalam mendukung pembangunan IKN. Agung Podomoro memberikan dukungan dalam penyediaan produk properti prestisius di Samarinda dan Balikpapan yang berstatus sebagai kota penyangga IKN," kata Yenti dalam diskusi di Festival Investasi Properti Agung Podomoro di Senayan City, dikutip Rabu (23/8/2023).

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim, realisasi investasi pada kuartal II-2023 tahun ini sebesar Rp15,54 triliun. Balikpapan menjadi kota dengan realisasi investasi tertinggi di Kaltim dengan capaian Rp3,24 triliun atau 29,51% dari realisasi investasi dalam negeri.

Yenti menambahkan, seiring melajunya ekonomi Kaltim dan rencana pemindahan kantor-kantor kementerian ke IKN, akan menciptakan perpindahan sekitar 1,6 juta orang dari Jakarta. Kondisi tersebut akan mendorong permintaan yang besar terhadap properti. Dalam merespons pasar, Agung Podomoro telah menjawab dengan meluncurkan The Premiere Hills Samarinda (hunian rumah tapak eksklusif) dan Borneo Bay City Balikpapan dengan konsep superblock, yang terdiri dari apartemen, area komersial, mal, perkantoran, hotel, dan ruko.

"Agung Podomoro selalu berada di garis terdepan untuk mendukung pemenuhan tempat tinggal bagi jutaan orang yang akan berpindah ke IKN. Produk properti Agung Podomoro yang berada di Samarinda dan Balikpapan dapat menjadi pilihan utama untuk hunian bagi calon warga IKN," ucap Yenti.

Tidak hanya sebagai hunian, The Premiere Hills Samarinda dan Borneo Bay City Balikpapan juga dapat menjadi aset investasi properti yang memberikan nilai tambah bagi konsumen. Mengacu Survei Harga Properti Residensial triwulan II-2023 yang dipublikasikan Bank Indonesia, kenaikan harga properti residensial di Samarinda sebesar 1,18% atau tumbuh 0,16% secara tahunan (year on year) dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Dengan mempertimbangkan kualitas serta lokasi dari The Premiere Hills Samarinda dan Borneo Bay City Balikpapan yang berada di kota-kota penyangga IKN, layak menjadi pilihan investasi properti terbaik di Kaltim. Ditambah lagi harga properti residensial yang terus meningkat tentunya semakin memberikan banyak keuntungan," kata Yenti.

Dalam pengembangannya, The Premiere Hills dan Borneo Bay City Balikpapan akan mengadopsi konsep kehidupan berkelanjutan yang mengedepankan aspek lingkungan. Dengan menghadirkan pohon-pohon dan lansekap yang dirancang secara cermat, produk properti Agung Podomoro dapat menciptakan paru-paru kota yang hijau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)