Jadwal Penerbangan Internasional di Bandara Adisutjipto Bertambah

Selasa, 03 Januari 2017 - 23:05 WIB
Jadwal Penerbangan Internasional...
Jadwal Penerbangan Internasional di Bandara Adisutjipto Bertambah
A A A
SLEMAN - Maskapai penerbangan international mulai melirik Yogyakarta sebagai tujuan potensial para wisatawan, hal ini terlihat dengan bertambahnya jadwal penerbangan. Pada tahun 2017, salah satu maskapai penerbangan internasional yakni Air Asia menambah jadwal penerbangan mereka dengan jurusan Kuala Lumpur.

General Manager PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama mengungkapkan, mulai bulan Januari 2017 ini, Air Asia mengantongi secara resmi tambahan jadwal penerbangan menuju ke Kuala Lumpur pulang pergi. Jadwal penerbangan tambahan tersebut diberikan Otoritas penerbangan untuk pagi hari. "Jadi Air Asia sekarang dua kali penerbangan setiap hari ke Kuala Lumpur," tuturnya.

Sebelumnya, dua maskapai penerbangan telah memiliki jadwal untuk terbang dari Yogyakarta ke luar negeri masing-masing ke Singapura oleh Silk Air dan Kuala Lumpur oleh Air Asia. Setiap hari, dua penerbangan internasional tersebut melayani penumpang pada sore hari. Dengan adanya penambahan satu jadwal penerbangan pagi hari, maka dimungkinkan jumlah penumpang dari dan ke luar negeri mengalami peningkatan tahun ini.

Agus mengatakan, minat masyarakat untuk menggunakan penerbangan internasional cukup tinggi. Rata-rata tiap hari tingkat load faktor alias keterisian kursi yang disediakan oleh maskapai penerbangan cukup tinggi. Dia mencatat, load faktor penerbangan internasional nyaris sama dengan penerbangan domestik.

Tingkat keterisian kursi dari penerbangan internasional rata-rata mencapai 80% pada hari biasa dan akan melonjak di atas 90% ketika libur akhir pekan ataupun liburan panjang seperti Natal dan Tahun baru seperti saat ini. Sementara penerbangan domestik tingkat keterisiannya mencapai 90% dalam sehari. "Kalau akhir pekan sama liburan panjang akan bertambah lagi load faktornya," tambahnya.

Penumpang penerbangan internasional tidak didominasi oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pergi bekerja atau pulang liburan ke kampung halaman ketika musim liburan panjang. Penerbangan internasional banyak diisi oleh wisatawan baik dari Indonesia ataupun dari luar negeri.

Lebih lanjut dia yakin, nantinya dengan adanya bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) dengan kapasitas yang jauh lebih besar, maka jumlah penerbangan internasional akan semakin bertambah banyak. Selama ini, banyak maskapai penerbangan internasional yang mengajukan jadwal penerbangan ke Yogyakarta.

"Tetapi karena kapasitas bandara yang kecil, tidak bisa didarati pesawat besar, maka pengajuan tersebut belum kami setujui," terangnya.

Communication and Legal Head Division PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Liza Anindya mengatakan, tambahan penerbangan internasional tersebut dipastikan akan menambah jumlah penumpang yang masuk ke Bandara Adisutjipto. Tahun 2016 kemarin, jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto meningkat 13% disbanding dengan tahun sebelumnya.

"Tahun 2015 lalu hanya sekitar 6,4 juta orang, dan tahun 2016 mencapai 7,2 juta. Kalau ada penerbangan lagi, maka dipastikan akan bertambah lagi," ungkapnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3085 seconds (0.1#10.140)