Sri Mulyani: Kemiskinan di Indonesia Menurun 10 Tahun Terakhir

Selasa, 10 Januari 2017 - 14:40 WIB
Sri Mulyani: Kemiskinan...
Sri Mulyani: Kemiskinan di Indonesia Menurun 10 Tahun Terakhir
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim bahwa tingkat kemiskinan di Indonesia semakin menurun selama 10 tahun terakhir. Hal ini terlihat dari indeks gini rasio Indonesia yang turun menjadi sekitar 0,39.

Dia mengungkapkan, indeks gini rasio merupakan indikator bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah dinikmati hingga ke masyarakat paling bawah. "Karena gini menggambarkan perbandingan kue ekonomi dengan top 10 dengan bottom 10%. Tingkat kemiskinan Indonesia terlihat mengalami penurunan yang cukup konstan 10 tahun terakhir," katanya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Namun, lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, akselarasi penurunan kemiskinan di Indonesia justru terlihat semakin landai. Ini menandakan bahwa kemampuan pemerintah mendesain ekonomi untuk menurunkan kemiskinan belum berjalan optimal. Sebab seharusnya, setiap 1% pertumbuhan ekonomi maka harus menurunkan angka kemiskinan lebih cepat.

"Kerja tidak selalu otomatis mengurangi kemiskinan atau kesenjangan. Bahkan ekonomi yang didesain dengan pertumbuhan ekonomi yang tidak inklusif bisa saja growth tinggi tapi kemiskinan makin timpang," imbuh dia.

Oleh karena itu, mantan Menko bidang Perekonomian ini menegaskan bahwa Indonesia tidak boleh berpuas diri dengan apa yang telah dicapai saat ini. "Kita harus menaikkan, apakah pertumbuhan ekonomi bisa memadai untuk atasi masalah struktural ini," tegasnya.

Sri menilai, salah satu yang bisa dilakukan untuk menekan angka kemiskinan lebih besar adalah dengan meningkatkan investasi di bidang sumber daya manusia (SDM). Sebab menurutnya, manusia adalah aset yang paling besar untuk sebuah negara. "Negara yang memiliki kemampuan dan kemajuan, biasanya bercirikan SDM yang berkualitas," pungkas Sri.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5610 seconds (0.1#10.140)