Gubernur Sulsel Raih Penghargaan TPAKD Teladan 2016

Jum'at, 13 Januari 2017 - 17:05 WIB
Gubernur Sulsel Raih Penghargaan TPAKD Teladan 2016
Gubernur Sulsel Raih Penghargaan TPAKD Teladan 2016
A A A
JAKARTA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerima penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kategori Penggerak Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Teladan 2016.

Penghargaan ini diserahkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Pertemuan Presiden RI dengan Perwakilan Industri Jasa Keuangan di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini. Penghargaan Penggerak TPAKD Teladan 2016 merupakan penghargaan pertama yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel di awal 2017.

Sulsel di bawah kepemimpinan SYL dianggap berprestasi dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 8,05%. Termasuk berhasil membuka akses-akses keuangan usaha kecil dan mikro (UKM) yang beresonansi langsung terhadap sektor jasa keuangan lainnya.

Jokowi dalam sambutannya mengaku bangga terhadap Provinsi Sulsel. Dia juga meminta agar provinsi lain di Indonesia belajar dan meniru Sulsel dan senantiasa optimistis menatap perekonomian Indonesia.

Syahrul mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa semua sudah bekerja keras. Keberhasilan yang diraih merupakan hasil kerja semua pihak, para bupati dan wali kota, perbankan, serta OJK.

"Yang pasti, semua pihak harus memastikan program 3M 1B (maju, mandi, modern, dalam kebersamaan) tetap berjalan karena telah memberikan kemajuan di pertumbuhan ekonomi. Semua pihak juga harus memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulsel harus tetap kisaran 7%-8%," kata dia seusai menerima penghargaan tersebut.

Dia menekankan bahwa capaiaan ini harus bisa terus dijaga lewat kerja keras. "Kita harus kerja keras lagi untuk menjaga pencapaian ekonomi 7%-8%. Ini tidak mudah," ucapnya.

Kepala Biro Perekonomian Sulsel Sukarniaty Kondolele mengatakan, TPAKD yang berada di bawah koordinasi Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulsel dibentuk pada 30 Maret 2016 melalui Surat Keputusan Gubernur Sulsel.

Penghargaan Penggerak TPAKD Teladan 2016 diberikan kepada pimpinan daerah yang secara nyata memiliki komitmen dan peran aktif dalam mengawal program TPAKD 2016 melalui pengembangan dan perluasan akses keuangan pada sektor prioritas.

"Salah satunya adalah melakukan akselerasi pembiayaan pada sektor prioritas daerah melalui Gerakan 3x1000 Fasilitasi Akses Kredit UMKM, binaan Pemerintah di Sektor Pertanian dan Perikanan. Mendorong Realisasi KUR dan Kredit UMKM, serta Pembentukan Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) di Sulsel," terang Sukarniaty.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5506 seconds (0.1#10.140)