Pengamanan Pabrik Pencetak Uang Peruri Super Ketat

Rabu, 18 Januari 2017 - 12:48 WIB
Pengamanan Pabrik Pencetak Uang Peruri Super Ketat
Pengamanan Pabrik Pencetak Uang Peruri Super Ketat
A A A
KARAWANG - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) merupakan satu-satunya perusahaan pelat merah yang diberi kewenangan untuk melakukan pencetakan uang. Pabriknya yang berlokasi di Karawang Timur, Jawa Barat memiliki pengamanan super ketat.

Hari ini, SINDOnews bersama sejumlah media lainnya berkesempatan mengunjungi pabrik pencetakan uang Peruri. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 202 hektare (ha). Pengamanan super ketat pun sudah terasa sejak awal kedatangan di pintu gerbang utama.

Setiap ‎tamu yang berkunjung ke pabrik ini harus mengisi daftar tamu yang ada di pos pengamanan utama, meskipun berada dalam satu rombongan. Selain itu, para tamu pun diberikan ID visitor sebelum masuk ke area pabrik.

Pabrik ini terdiri dari beberapa gedung, yang dibagi untuk percetakan uang kertas, percetakan uang logam, pecetakan uang kertas non tunai, dan percetakan uang logam non tunai. Di setiap gedung tersebut pengamanannya pun berlapis.

"Iya di sini ada beberapa gedung. Ada gedung untuk uang kertas, logam, dan non tunai,"‎ kata salah seorang staf di Pabrik Percetakan Uang Peruri, Karawang, Rabu (18/1/2017).

Misalnya, di gedung percetakan uang kertas. Tidak sembarang orang bisa memasuki gedung tersebut. Petugas keamanan sudah berjaga di depan gerbang gedung percetakan uang kertas. Sebelum masuk, pengunjung pun diharuskan untuk menyimpan barang bawaan ke dalam loker.

Pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa tas, dompet, handphone, ataupun kamera. Bahkan, pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk membawa semua jenis uang milik pribadi ke area produksi. Kameraman dan fotografer bingung dan sempat mengajukan protes terhadap pegawai Peruri karena tidak diperkenankan untuk membawa kamera.

Namun, para pegawai pun tidak bisa berbuat apa-apa. Karena hal tersebut telah menjadi standard operational procedure (SOP) pabrik percetakan uang Peruri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4506 seconds (0.1#10.140)