Perusahaan Terbaik dengan Wawancara Kerja Paling Sulit

Jum'at, 20 Januari 2017 - 06:02 WIB
Perusahaan Terbaik dengan Wawancara Kerja Paling Sulit
Perusahaan Terbaik dengan Wawancara Kerja Paling Sulit
A A A
JAKARTA - Jobplanet, platform komunitas online yang menampilkan informasi perusahaan dan lowongan kerja, merilis informasi tentang perusahaan-perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi.

Tingkat kesulitan wawancara kerja dinilai memiliki korelasi dengan tingkat kepuasan karyawan di suatu perusahaan. Semakin baik reputasi suatu perusahaan dalam memberikan kesejahteraan bagi para karyawannya, akan semakin ketat pula proses rekrutmen karyawan di perusahaan tersebut.

Jobplanet mengelompokkan perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara paling tinggi berdasarkan jenisnya, yakni korporasi dan startup. Informasi disusun berdasarkan survei yang dilakukan melalui Jobplanet.com sepanjang 2016, yakni sejak 1 Januari - 31 Desember 2016.

Survei ini melibatkan sebanyak 1.090 responden karyawan dan calon karyawan yang pernah mengikuti proses wawancara di salah satu dari 23 perusahaan terbaik (15 korporasi dan delapan startup) di Indonesia. Jobplanet juga mengelompokkan para responden berdasarkan posisi yang akan mereka duduki di perusahaan pada saat mengikuti wawancara kerja, yakni level staf atau manajer.

Dari hasil analisis, Jobplanet menemukan 10 perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi. Delapan di antaranya adalah korporasi dan dua lainnya adalah startup. Kesepuluh perusahaan tersebut memiliki rata-rata tingkat kesulitan wawancara paling tinggi, dengan penilaian di atas 3,0, cukup jauh di atas rata-rata tingkat kesulitan wawancara secara keseluruhan.

“Kami berharap, informasi tentang wawancara kerja di berbagai perusahaan terbaik ini dapat bermanfaat, khususnya bagi para pencari kerja atau calon karyawan yang ingin mempersiapkan diri untuk berkarier di perusahaan-perusahaan tersebut. Informasi ini kami rilis sejalan dengan misi Jobplanet untuk membantu para karyawan dan pencari kerja dalam meraih karier yang lebih baik,” ujar Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius dalam keterangan tertulsinya kepada SINDOnews, Kamis (19/1/2017).

Perlu diketahui, tingkat kesulitan wawancara kerja dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5. Di mana nilai 1,0 mewakili “sangat mudah” dan nilai 5,0 mewakili “sangat sulit”.

Sementara, rata-rata tingkat kesulitan wawancara dari semua perusahaan yang terdaftar di Jobplanet pada rentang waktu pengumpulan data (1 Januari – 31 Desember 2016) adalah 2,73.

(Baca: Daftar Perusahaan Terbaik di Indonesia 2016)

Jika menilik posisi yang akan ditempati oleh para responden, tingkat kesulitan wawancara untuk level manajer di kebanyakan perusahaan terbaik tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kesulitan wawancara untuk level staf.

Sebagai contoh, rata-rata tingkat kesulitan wawancara kerja untuk level manajer di Telkomsel adalah 3,11 atau lebih tinggi 0,06 poin dibandingkan dengan rata-rata tingkat kesulitan wawancara untuk level staf sebesar 3,05. Contoh lainnya, rata-rata tingkat kesulitan wawancara kerja untuk level manajer di PT Toyota Astra Motor adalah 3,33 atau lebih tinggi 0,33 poin jika dibandingkan dengan rata-rata tingkat kesulitan wawancara untuk level staf sebesar 3,00.

Jobplanet juga menemukan di antara perusahaan-perusahaan terbaik, ada dua startup yang memiliki rata-rata tingkat kesulitan wawancara paling tinggi. Angkanya cukup jauh di atas rata-rata secara keseluruhan. Mereka adalah PT Traveloka Indonesia (3,71) dan PT Global Digital Niaga atau Blibli.com (3,22).

Berbeda dengan wawancara di korporasi, tingkat kesulitan wawancara untuk level manajer di kedua startup terbaik tersebut dinilai lebih mudah oleh para responden, jika dibandingkan dengan tingkat kesulitan wawancara untuk level staf. Hal tersebut dapat dilihat dalam tabel berikut:

Berikut 10 perusahaan terbaik dengan tingkat wawancara kerja paling sulit:
perusahaan
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6290 seconds (0.1#10.140)