Marak Investasi Bodong, OJK Keliling 26 Kota

Jum'at, 20 Januari 2017 - 15:50 WIB
Marak Investasi Bodong,...
Marak Investasi Bodong, OJK Keliling 26 Kota
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melakukan 48 kegiatan edukasi tematik kepada masyarakat di 26 kota yang marak dengan kegiatan-kegiatan investasi yang tidak memiliki kejelasan mengenai aspek legalitas. Keseluruhan kegiatan tersebut dilakukan OJK sepanjang 2016 lalu, sebagai upaya pencegahan maraknya investasi bodong.

(Baca Juga: Terima 801 Aduan Investasi Bodong, OJK Edukasi Masyarakat)

Di sisi lain, OJK melakukan upaya pencegahan dan penindakan investasi yang tidak memiliki ijin ini melalui pembentukan Satuan Tugas Waspada Investasi (SW1) di daerah. Langkah ini sebagai tindaklanjut dari pembentukan SWI sebelumnya di kantor pusat.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan, sampai dengan Desember 2016, telah terbentuk 38 tim kerja SWI yang berlokasi di 35 Kantor Regional/Kantor OJK dan 3 tim kerja SWI yang berlokasi di Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo.

"Disamping itu, OJK melakukan upaya secara aktif dalam mencegah meluasnya potensi kerugian konsumen dan masyarakat," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Pencegahan itu, kata dia, antara lain melalui pemblokiran situs yang diduga menawarkan kegiatan investasi yang tidak jelas aspek legalitasnya, pemeriksaan bersama dengan anggota SWI, penghentian kegiatan usaha, serta penegakan hukum hingga proses pengadilan. OJK mengimbau masyarakat agar memahami bahwa investasi merupakan kegiatan berisiko dan senantiasa mengingat slogan HAPAL dalam berinvestasi.

"Hapal yaitu Hati-hati janji kepastian keuntungan tidak wajar dan tanpa risiko, pastikan legalitas perizinan lembaga dan produknya serta pahami skema investasinya dan laporkan adanya penawaran investasi yang mencurigakan melalui saluran komunikasi," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5298 seconds (0.1#10.140)