Menhub Targetkan Pembangunan LRT Palembang Selesai 2018

Senin, 06 Februari 2017 - 20:00 WIB
Menhub Targetkan Pembangunan LRT Palembang Selesai 2018
Menhub Targetkan Pembangunan LRT Palembang Selesai 2018
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karta Sumadi memastikan bahwa pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatra Selatan, selesai pada 2018 mendatang. Adapun untuk LRT di Jakarta ditargetkan selesai sesuai rencana, yaitu pada 2019.

“LRT di Palembang itu selesai sebelum Asian Games (2018), yang Jakarta (selesai) 2019,” kata Budi Karya dalam keterangan resminya, Senin (6/2/2017).

Adapun soal penyelesaian LRT di Jakarta, Budi Karya menampik bahwa penyelesaian pada 2019 tersebut berarti tidak tepat waktu. Menurut dia, program LRT di Jakarta sedari dulu direncanakan selesai pada 2019.

Yang membuat penyelesaikan pembangunan LRT di Jakarta lebih lama, menurut Menhub, karena jalurnya lebih panjang, dan start-nya (mulai pembangunannya) juga lebih belakangan.

Budi Karya lantas menjelaskan bahwa progress pembangunan LRT di Jakarta saat ini sudah mencapai 12%. Sedangkan pembangunan LRT di Palembang sudah mencapai 35%. Ia pun optimistis bahwa penyelesaian keduanya bisa sesuai target karena mengenai pembebasan lahan, sejauh ini tidak ada masalah.

Terkait kereta yang akan digunakan untuk LRT, Menhub Budi Karya mengatakan, untuk yang di Palembang berasal dari INKA. “Terserah dia mau kerja sama dengan siapa,” ujarnya.

Sedangkan untuk yang di Jakarta, menurut Menhub, akan diberikan pada PT Kereta Api Indonesia. “KAI tentunya akan ditender siapa yang dapat,” jelasnya.

Pembahasan LRT ini selaras dengan keinginan Presiden Joko Widodo, dimana dalam rapat terbatas hari ini, Kepala Negara berharap pembangunan LRT bisa selesai tepat waktu, yaitu pada 2018.

Pasalnya pada tahun itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia untuk kedua kalinya, yaitu Asian Games 2018. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games ke-IV tahun 1962.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3498 seconds (0.1#10.140)