Menperin Sebut AS Pasar Strategis bagi Indonesia

Senin, 13 Februari 2017 - 21:09 WIB
Menperin Sebut AS Pasar Strategis bagi Indonesia
Menperin Sebut AS Pasar Strategis bagi Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) harus ditingkatkan. Apalagi, Amerika menjadi salah satu pasar strategis bagi Indonesia.

"Bagi Indonesia, Amerika menjadi salah satu pasar strategis dan ekonomi kedua negara bersifat complimentary di mana AS bisa provide teknologi dan modal. Selama ini Amerika kan masuk ke sektor yang padat modal," ujarnya usia menerima Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, Amerika juga tertarik pada pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK). "Mungkin perlu diskusi dengan American Chamber mengenai pengembangan KEK, sehingga mereka bisa melihat apa yang bisa diinvestasikan di Indonesia," terangnya.

Airlangga menuturkan, saat ini investasi terbesar Amerika berasal dari sektor oil and gas dan mineral, lokomotif GE, dan power plant, dan produk sepatu. "Kemudian progres dari investasi Apple, mereka akan membangun inovation center pada tahun ini dan semester pertama segera beroperasi. Ini kan didorong investasi berikutnya karena mereka janji lebih dari tiga kota," tuturnya.

Selain itu, Indonesia juga kesetaraan bagi produk Indonesia yang masuk ke Amerika. "Itu kita bicarakan, bisa tidak didorong bilateral agreement secara lebih cepat. Karena kalau ekspor produk tekstil kita kena 12,5% MFN status. Kalau bisa lebih rendah lagi, minimal setara dengan Vietnam agar kita bisa berdaya saing," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9238 seconds (0.1#10.140)