BI Beri Kabar Baik terkait Ekonomi Indonesia

Rabu, 22 Februari 2017 - 17:16 WIB
BI Beri Kabar Baik terkait Ekonomi Indonesia
BI Beri Kabar Baik terkait Ekonomi Indonesia
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengatakan, ada kabar baik bahwa perekonomian Indonesia tahun ini akan lebih baik. Di mana, stabilitas makroekonomi dan moneter tetap dipertahankan dan terus pada pijakan yang kuat, meskipun ada ketidakpastian global.

Pertumbuhan ekonomi 2016 ada di level 5,02% dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 5,5% dalam lima tahun terakhir. Sementara, neraca pembayaran Indonesia (NPI) pada 2016 mencatat surplus yang relatif besar dari USD12,1 miliar dengan defisit transaksi berjalan masih di tingkat sehat pada 1,8% dari PDB.

"Kinerja ini bangkitkan semangat ekonomi Indonesia yang juga dapat dilacak oleh tren penguatan rupiah. Di belakang sentimen positif pada prospek ekonomi domestik yang sejalan dengan kondisi ekonomi makro yang stabil dan keberhasilan program Amnesti Pajak," ujar Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Hal ini, kata dia, membawa posisi aset cadangan devisa Indonesia pada akhir 2016 sebesar USD116 4 miliar, setara dengan impor 8,8 bulan atau 8,4 bulan ekspor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Capaian tersebut jauh di atas standar internasional dalam tiga bulan.

Sementara, inflasi untuk keseluruhan 2016 dipertahankan dalam koridor target dan pada tingkat rendah yaitu 3,02% (yoy). Bahkan, tingkat ini menandai inflasi terendah dalam lima tahun terakhir.

"Inflasi yang rendah dicapai dari inflasi inti yang berhasil tetap berada di bawah, harga dikendalikan, dan administered inflasi sangat minim, meskipun kenaikan inflasi dari volatile food," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7605 seconds (0.1#10.140)