Tito Sulistio Pertanyakan Melchias Mekeng Tidak Lolos Seleksi OJK

Minggu, 26 Februari 2017 - 23:05 WIB
Tito Sulistio Pertanyakan Melchias Mekeng Tidak Lolos Seleksi OJK
Tito Sulistio Pertanyakan Melchias Mekeng Tidak Lolos Seleksi OJK
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menyebutkan banyak orang baik dan qualified tidak lolos dalam seleksi tahap II anggota Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dia mengaku tidak habis pikir dengan keputusan panitia seleksi (pansel) DK OJK tersebut.

Dia mengungkapkan sejumlah nama-nama besar yang tidak lolos seperti dirinya, antara lain mantan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, Ketua DK OJK Muliaman Hadad, Ketua Dewan Audit OJK Ilya Avianti, hingga Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng.

“Saya tidak tahu kenapa anggota DK OJK tidak lolos padahal OJK hasil auditnya WTP. Sementara Ilya itu juga seorang profesor. Banyak orang baik dari KPK juga yang tidak lolos. Alhamdulillah pimpinan saya bu Ida (Nurhaida) lolos. Artinya dia memang bagus,” ujarnya, Minggu (26/2/2017).

(Baca Juga: Keputusan Pansel OJK Dinilai Berbau Politis dan Tidak Transparan
Sebelumnya, Pansel DK OJK yang diketuai Menkeu Sri Mulyani menerima pendaftaran 800 pelamar, termasuk para calon petahana Komisioner OJK. Panitia kemudian menggelar seleksi tahap I dan didapatkan 107 nama.

Pada seleksi tahap II, Pansel mendapatkan 35 nama. Di sini banyak orang yang dinilai berkompeten dan berpengalaman dinyatakan tidak lolos seleksi. Adapun yang masuk daftar lolos kebanyakan adalah nama-nama baru.

Selanjutnya, pansel akan mencari 14 nama yang akan disetorkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terakhir, presiden akan menyerahkan ke DPR untuk dipilih tujuh orang yang layak memimpin OJK periode 2017-2022.

(Baca Juga: Daftar Calon Dewan Komisioner OJK yang Lolos Seleksi Tahap II(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7390 seconds (0.1#10.140)