Jokowi Minta Sulteng Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Kamis, 09 Maret 2017 - 23:01 WIB
Jokowi Minta Sulteng Jaga Pertumbuhan Ekonomi
Jokowi Minta Sulteng Jaga Pertumbuhan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 2016 mencapai 9,98%, jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional 5,02%. Maka, Jokowi berharap momentum pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini tetap dijaga, dipertahankan, dan bisa ditingkatkan lagi.

"Momentum pertumbuhan ekonomi ini juga kita harapkan bisa berdampak pada pengentasan kemiskinan yang saat ini masih berada di angka 14,09% di Sulteng. Kita harapkan juga bisa mempercepat pemerataan pembangunan," kata di seperti dilansir dari laman Setkab, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Jokowi mengingatkan agar berkonsentrasi mengembangkan sektor-sektor unggulan yang menjadi core business di Sulteng. Sesuai data, sektor pertambangan, terutama nikel tumbuh pesat di Sulteng.

Selain itu, Presiden melihat potensi yang cukup besar di sektor perkebunan, mulai dari kakao, kopi, kelapa sampai cengkeh. "Komoditas unggulan tersebut bisa menjadi basis tumbuhnya ekonomi rakyat di Sulteng," tuturnya.

Demikian pula di sektor kehutanan, Sulteng memiliki hasil hutan berupa rotan dan berbagai jenis kayu, seperti eboni dan meranti. Untuk itu, Jokowi meminta agar komoditas hasil pertanian, kehutanan, maupun pertambangan dapat diolah terlebih dahulu di Sulteng, sehingga memberikan nilai tambah dan multiplier effect bagi masyarakat.

Adapun proses transformasi perekonomian di Sulteng yang ditandai dengan semakin tumbuhnya pertambangan dan industri pengolahan, harus dipersiapkan dengan baik.

Untuk itu, dia meminta agar kawasan ekonomi khusus (KEK) di Palu, di Morowali mampu menampung tumbuhnya industri-industri pengolahan. "Saya mendapatkan informasi bahwa di kawasan ekonomi khusus Morowali telah beroperasi pabrik smelter dan pabrik stainless steel," imbuhnya.

Jokowi juga mengingatkan perlunya menyiapkan pengembangan di KEK Palu. "Perhatikan kesiapan infrastruktur pendukung, mulai dari tenaga listrik, air bersih, sampai hunian bagi para pekerja dan juga peningkatan pendidikan dan keterampilan, terutama bagi tenaga kerja lokal," tutur Jokowi.

Presiden ingin agar pembangunan di Sulteng khususnya di KEK betul-betul memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan hindarkan adanya pencemaran.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5654 seconds (0.1#10.140)