Harga Gabah di Tulang Bawang Menurun, Petani Merugi

Senin, 13 Maret 2017 - 23:27 WIB
Harga Gabah di Tulang Bawang Menurun, Petani Merugi
Harga Gabah di Tulang Bawang Menurun, Petani Merugi
A A A
TULANG BAWANG - Kondisi jalan menuju daerah persawahan yang ada di Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, rusak berat sejak sebulan lalu.

Kerusakan jalan diantaranya disebabkan curah hujan yang cukup tinggi. Seiring itu, pemerintah setempat juga tidak kunjung memperbaiki kerusakan jalan.

Masalah ini membuat akses transportasi para petani menjadi sulit. Imbasnya, harga padi di Kecamatan Rawa Pitu pun menurun dan mengakibatkan para petani merugi.

Harga Gabah Kering Panen (GKP) di Kecamatan Rawa Pintu kini dihitung Rp3.200 per kilogram (kg), dari sebelumnya mencapai harga standar, yakni Rp4.500 per kg. Akibat turunnya harga GKP ini, membuat para petani merugi sebesar Rp5 juta per hektare.

Sunaji, salah satu petani yang memanfaatkan jalan tersebut untuk menjual padinya pun hanya pasrah. Ia berharap pemerintah setempat memberi solusi dan memperbaiki jalan yang rusak, agar harga padi mereka bisa normal kembali, sehingga kerugian tidak berlanjut.

“Permintaan kami enggak muluk-muluk sih mas, ya jalan yang rusak ini diperbaiki biar kami bisa menjual padi dan harganya kembali normal. Biar kami petani enggak rugi,” ujarnya kepada MNC Media, Senin (13/3/2017).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2896 seconds (0.1#10.140)