Permodalan Kuat, BRI Agro Dapat Peringkat idAA dari Pefindo

Rabu, 15 Maret 2017 - 12:26 WIB
Permodalan Kuat, BRI Agro Dapat Peringkat idAA dari Pefindo
Permodalan Kuat, BRI Agro Dapat Peringkat idAA dari Pefindo
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAA untuk PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro). Prospek dari peringkat perusahaan adalah stabil.

Obligor dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan, dan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang relatif dibanding terhadap obligor Indonesia lainnya.

Peringkat tersebut mencerminkan status perusahaan sebagai anak usaha inti dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI, mendapat peringkat idAAA/stabil), dan profil permodalan yang kuat.

"Namun peringkat tersebut dibatasi oleh tingkat profabilitas yang berada di bawah rata-rata, penyaluran kredit yang terkonsentrasi pada sektor agribisnis, dan kurang berkembangnya pendanaan ritel," ujar Analis Pefindo Kreshna Armand di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Dia menjelaskan, peringkat dapat naik jika Pefindo melihat dukungan lebih tinggi dari BBRI yang berasal dari peningkatan kontribusi bank signifikan terhadap BBRI karena meningkatnya profil bisnis dan keuangan.

"Namun, peringkat AGRO dapat turun jika terdapat bukti penurunan tingkat dukungan dari BBRI, seperti penurunan material dalam jumlah kepemilikan, atau menurunnya tingkat kepentingan bank terhadap BBRI secara substansial karena menurunnya posisi pasar atau indikator prohtabilitas," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7428 seconds (0.1#10.140)