Ketidakpastian Global, G-20 Belum Tentukan Arah Kebijakan

Rabu, 22 Maret 2017 - 17:22 WIB
Ketidakpastian Global, G-20 Belum Tentukan Arah Kebijakan
Ketidakpastian Global, G-20 Belum Tentukan Arah Kebijakan
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menceritakan hasil pertemuan G-20 pada akhir pekan lalu. Dalam pertemuan di Hamburg, Jerman, para pembuat keputusan di G-20 belum dapat menentukan arah kebijakan ekonomi dunia.

Belum adanya keputusan karena mereka masih belum bisa membaca kondisi perekonomian dunia yang berubah secara cepat. Ketidakpastian global menjadi penyebabnya.

Menkeu Sri menyayangkan masalah perdagangan global dan perubahan iklim tidak menjadi pembahasan utama di dalam G-20.

"Oleh karena itu, saya ingin menekankan kembali bagi Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian global ini, kita harus makin memperkuat kondisi dan sumber-sumber pertumbuhan di dalam negeri," ujarnya di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Sri Mulyani menambahkan, dengan tidak adanya hasil dari G-20, secara otomatis makin memberi tekanan bagi Indonesia. Untuk itu, Indonesia harus memperkuat pondasi ekonominya agar mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

"Momentum pertumbuhan ekonomi harus dijaga dan supaya kita juga mampu menahan ketidakpastian yang berasal dari lingkungan internasional," ungkapnya.

Meski demikian, ada hal baik dalam pertemuan itu. Karena G-20 membahas kerja sama di bidang perpajakan internasional, bidang automatic exchange of information untuk memerangi base erosion dari sumber-sumber perpajakan masing-masing negara.

Sebagai informasi, base erosion adalah berkurangnya pendapatan pajak yang mengancam kewenangan perpajakan dan keadilan perpajakan di banyak negara karena adanya profit shifting.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5960 seconds (0.1#10.140)