Penerbangan Terminal 3 Internasional Beroperasi Mei 2017

Selasa, 28 Maret 2017 - 20:13 WIB
Penerbangan Terminal 3 Internasional Beroperasi Mei 2017
Penerbangan Terminal 3 Internasional Beroperasi Mei 2017
A A A
TANGERANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, penerbangan Terminal 3 khusus rute internasional akan mulai beroperasi Mei 2017. Sebelum itu, ada waktu dua minggu bagi PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) untuk menyiapkan operasi.

Budi menjelaskan, pada tanggal 15 April, pihaknya sudah mulai memberikan rekomendasi. Sehingga, diperkirakan awal Mei, Garuda sudah dapat menempuh rute internasional dari Terminal 3.

"Dalam rancangan kita kira-kira tanggal 15 April. Kita kemungkinan bisa memberikan rekomendasi setelah 15 hari sejak saat ini. Setelah itu, Garuda meminta dua minggu mempersiapkan operasi. Dengan demikian, kira-kira pada 1 Mei Garuda internasional bisa pindah ke Terminal 3 Ultimate," ujarnya di Tangerang, Selasa (28/3/2017).

Untuk menyukseskan langkah ini, Budi menyampaikan, telah berkoordinasi dengan berbegai pihak. Mereka di antaranya AirNav dan Angkasa Pura II (AP II).

"Kita sore ini rapat dengan Dirjen Udara, dengan Otoritas Bandara (Otban), AirNav, dan AP II mempersiapkan Terminal 3 untuk dioperasikan Garuda internasional. Kita merencanakan sesuai dengan ketentuan dimana Kemenhub akan melakukan evaluasi dulu. Setelah evaluasi, Garuda minta waktu tertentu untuk dilakukan operasi," katanya.

Menurutnya, operasi khusus internasional harus ada persiapan matang. Maka dari itu, Kemenhub mempersiapkan simulasi terlebih dahulu.

"Mau operasi itu banyak hal yang dipersiapkan. Kita simulasi beberapa kegiatan dari check-in sampai penumpang itu sampai ke pesawat barang, kita simulasi. Kita lakukan pengecekan, harus kita lakukan dan itu detail," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4291 seconds (0.1#10.140)