Lebaran, Pemerintah Akan Fungsikan Jalan Tol Trans Jawa

Senin, 01 Mei 2017 - 12:24 WIB
Lebaran, Pemerintah Akan Fungsikan Jalan Tol Trans Jawa
Lebaran, Pemerintah Akan Fungsikan Jalan Tol Trans Jawa
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah berupaya keras agar jalan tol Trans Jawa sepanjang 115 KM mulai dari Pintu Tol Brebes Timur (Brexit) hingga Weleri dapat fungsional dilalui pada H-10 untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2017.

Kondisinya berupa perkerasan lean concrete, disertai pengamanan penuh, dukungan pencahayaan yang cukup, rambu-rambu dan perbaikan akses keluar menuju jalan arteri kabupaten.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, dengan berfungsinya tol tersebut, arus mudik sudah melewati Kemacetan di Kota Tegal, Kota Pekalongan dan Kota Batang, termasuk kawasan Alas Roban yang kerap memicu kemacetan parah.

"Kita akan fungsikan ruas tol satu arah dari Jakarta sampai Weleri, demikian juga saat arus balik. Saat ini kita tengah mengupayakan agar tidak hanya sampai Weleri tapi Ngaliyan, Semarang. Namun di Kendal masih terdapat beberapa spot lahan yang baru bisa dibayar pada 8 Mei ini. Diharapkan setelah selesai pembayaran ganti rugi tanah dan bangunan, panjang jalan yang bisa dilalui dalam masa Lebaran bertambah hingga Semarang," kata dia dalam rilisnya, Jakarta, Senin (1/5/2017).

Difungsikannya 115 Km jalan tol diharapkan dapat banyak membantu warga agar tidak terjebak kemacetan dan dapat dilakukan rekayasa lintas secara lebih leluasa. Kementerian PUPR juga akan berkoordinasi intensif dengan Korlantas Kepolisian RI, dan Kementerian Perhubungan dalam rekayasa lalu lintas.

"Dari exit Brebes hingga exit Batang nantinya akan disiapkan enam akses keluar terbagi yakni dua ke arah Utara dan empat ke Selatan, seperti Slawi dan Purwokerto," ujar dia.

Selain itu, jalan tol yang difungsikan akan dilengkapi enam tempat istirahat (rest area) di dalamnya sudah ada toilet dan mushola. Sementara untuk stasiun pompa bensin akan dikordinasikan dengan PT Pertamina.

Sekadar informasi, ruas Pejagan-Pemalang sepanjang 37,4 km, pengusahaannya dilakukan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, dimana seksi I dan II telah dioperasikan hingga Brebes Timur. Sementara seksi 3 dan 4, progresnya saat ini secara keseluruhan 81,95%.

Ruas Tol tersebut tersambung dengan ruas Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km yang pengusahaannya oleh PT Pemalang Batang Toll Road juga dalam tahap penyelesaian.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9208 seconds (0.1#10.140)