Nilai Ekspor Industri Kreatif Siap Salip Migas

Minggu, 21 Mei 2017 - 06:00 WIB
Nilai Ekspor Industri Kreatif Siap Salip Migas
Nilai Ekspor Industri Kreatif Siap Salip Migas
A A A
KEHADIRAN industri kreatif ternyata mampu mendongkrak pendapatan negara. Bahkan sangat mungkin nilai ekspor industri nonmigas ini bisa menyalip pendapatakn dari minyak dan gas alam.

Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi kondisi ini yang tercermin dari pidatonya saat membuka Inacraft 2017 awal Mei lalu. "Industri kerajinan, industri kreatif di Indonesia telah tumbuh dengan sangat cepat, tumbuh dengan menakjubkan. Oleh karena itu, saya meyakini, masa depan Indonesia akan ada di industri kerajinan atau industri kreatif. Ini yang saya yakini," ucapnya.

Menurut Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, beberapa produk kreatif seperti seperti film, musik, dan aplikasi digital, memang tengah berkembang pesat. Berkat industri kreatif ini, tahun lalu Indonesia nisa meraih pemasukan Rp852 triliun.

Dengan kondisi ini, Triawan optismis pertumbuhannya akan terus meningkat. Tapi, untuk mewujudkan hal ini tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi.

Kendala apa yang harus dihadapi untuk terus meningkatkan pendapatan negara dari sektor nonmigas ini? Simak wawancaranya di Majalah SINDO Weekly Edisi No.12/VI/2017 yang terbit Senin (22/5/2017).
Nilai Ekspor Industri Kreatif Siap Salip Migas
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6895 seconds (0.1#10.140)