Usai Tol Laut, Pemerintah Gagas Tol Komunikasi di Timur Indonesia

Minggu, 21 Mei 2017 - 07:00 WIB
Usai Tol Laut, Pemerintah Gagas Tol Komunikasi di Timur Indonesia
Usai Tol Laut, Pemerintah Gagas Tol Komunikasi di Timur Indonesia
A A A
PEMERINTAH terus menggelontorkan sejumlah program pembangunan. Setelah tol laut, kini tol komunikasi tengah digagas untuk wilayah Indonesia Timur.

Tak bisa dipungkiri jalur komunikasi di Indonesia Timur hingga sekarang memang masih tersendat. Kawasan Morotai salah satunya. Daerah yang sekarang tengah mengembangkan destinasi wisata itu mengeluh.

"Pariwisata di sini (Morotai) mulai berkembang. Namun, telekomunikasi tidak memadai,"ujar Samsudin A. Kadir, PJS Bupati Morotai.

Keluhan Samsudin bukan isapan jempol. Cantik bak manikam, kota pesisir itu relatif 'terisolasi' dibanding kota-kota di Jawa atau Sumatera. Harap maklum, di sini hanya ada satu provider seluler yang sapuan sinyalnya cukup mumpuni, Telkomsel. Internet juga tersedia meski tak semasif dan bukan level kecepatan internet di Jawa atau Sumatera.

Tapi keluhan tersebut tak lama lagi akan terselesaikan. Sebab, pemerintah tengah menggalakkan Proyek Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring. Titik tekannya termasuk pembangunan jaringan serat optik di Indonesia Timur.

Nah Morotai akan terhubung langsung dengan Palapa Ring Paket Timur, proyek pemasangan jejaring kabel fiber optik yang bakal menjamin hadirnya fasilitas komunikasi dan internet yang andal di Indonesia Timur.

Seperti apa program tol komunikasi itu sesungguhnya? Simak wawancara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Majalah SINDO Weekly Edisi No.12/VI/2017 yang terbit Senin (22/5/2017).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)