APP Sinar Mas Dukung Gerakan Menulis sejak Dini

Selasa, 23 Mei 2017 - 11:25 WIB
APP Sinar Mas Dukung Gerakan Menulis sejak Dini
APP Sinar Mas Dukung Gerakan Menulis sejak Dini
A A A
JAKARTA - Sinar Dunia (SiDU) sebagai produk buku tulis unggulan dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, produsen kertas Indonesia mendukung gerakan anak menulis sejak dini. Dengan SiDU Fun Walk & Write, mengajak lebih dari 300 peserta yang terdiri dari pelajar SD, karyawan APP serta anggota keluarga.

Para peserta dapat mengikuti Fun Walk untuk berolahraga bersama keluarga sepanjang 2,5 km dan Fun Write sebagai ajang mengasah kemampuan menulis anak semenjak usia dini. Asia Pulp and Paper Consumer Business Unit Head Sovan K. Ganguly mengatakan, perkembangan teknologi mengubah perilaku anak.

Dia menambahkan jika dulu anak menghabiskan waktu luang dengan membaca dan berinteraksi, namun kini anak bermain dengan gawai. Pihaknya ingin menumbuhkan kegemaran menulis pada anak Indonesia untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Melalui program ‘Ayo Menulis’, SiDU ingin menjadi mitra para orang tua dalam memberikan dukungan untuk mengembangkan kebiasaan menulis pada anak-anak. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen SiDU untuk membantu orang tua dalam menghadapi era digital saat ini dan juga merupakan langkah nyata kami untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi anak Indonesia,” ujar Sovan.

Salah satu cara untuk mengembangkan potensi anak adalah dengan mendorong mereka untuk terbiasa menulis karena dengan itu, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan menulis sekaligus mengasah saraf kognitif yang berperan dalam membentuk kreativitas anak. Menulis juga dapat memperkaya kosakata, sehingga anak-anak dapat dengan mudah mengekspresikan pikiran dan perasaannya.

Penulis Fitriah Dwiastuti sepakat dengan Sovan agar kemampuan menulis sejak dini. Dia menjelaskan, kebiasaan menulis dari kecil telah menumbuhkan dan meningkatkan kreativitasnya. Sehingga saat ini dia telah berhasil menulis novel, skrip film atau serial TV serta beberapa buku coffee table. "Hal ini dapat terwujud karena minat menulis yang selalu saya kembangkan dari dulu,” Pipit menjelaskan.

Acara kali ini merupakan rangkaian dari komitmen SiDU untuk anak-anak Indonesia. SiDU akan terus berpegang teguh kepada komitmennya untuk membantu menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik, dengan membantu anak Indonesia untuk menuangkan dan mengembangkan kreativitasnya melalui kebiasaan menulis.

Acara Fun Walk 2.5 km ini akan dilanjutkan dengan dengan lokakarya menulis bersama Fitriah. SiDU juga mengundang Nawla Purbokusomo (8 tahun) dan Nakeisha Damanik (9 tahun). Keduanya merupakan penulis cilik yang telah berhasil menerbitkan hasil karya menulisnya.

Loka karya tersebut kemudian dilanjutkan dengan lomba menulis yang diikuti oleh anak-anak berumur 10-12 tahun. Beberapa pemenang lomba tersebut akan mendapatkan tabungan pendidikan, piala beserta alat-alat tulis dan perlengkapan sekolah.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5457 seconds (0.1#10.140)