Lion Air Investigasi Insiden Pilot Bawa Keluarga ke Kokpit

Kamis, 25 Mei 2017 - 12:45 WIB
Lion Air Investigasi Insiden Pilot Bawa Keluarga ke Kokpit
Lion Air Investigasi Insiden Pilot Bawa Keluarga ke Kokpit
A A A
JAKARTA - Manajemen maskapai Lion Air memastikan segera menginvestigasi kejadian masuknya keluarga penumpang pilot Lion Air ke dalam kokpit pesawat, dengan nomor penerbangan JT015 rute Denpasar menuju Jakarta, Selasa kemarin.

Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh salah satu penumpang pesawat yaitu, Citra Rienanti. Citra mengunggah kejadian tersebut ke akun laman media sosialnya, Facebook dengan nama akun Citra Rienanti.

Public Relations Manager Lion Air Andy M Saladin mengatakan, Lion Air telah menghubungi penumpang yang bersangkutan dan telah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami sekaligus berterima kasih atas laporan yang diberikan.

"Kami akan melakukan investigasi terkait hal ini," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (25/5/2017).

Dia menegaskan, jika ditemukan pelanggaran maka pilot yang bertugas akan diberikan sanksi tegas. "Dikarenakan di dalam peraturan perusahaan kami menyebutkan, bahwa selain petugas maka tidak dapat memasuki kokpit pada saat penerbangan berlangsung," tuturnya.

Seperti diketahui, Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Indonesia memperbolehkan selain kru pesawat untuk menempati jumpseat jika ada tiga izin yaitu, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, dari Company (perusahaan maskapai, dan Pilot in Command (pilot yang bertugas).

Setelah kejadian 911, peraturan keamanan bertambah ketat. Untuk beberapa negara atau perusahaan maskapai, flight deck harus terkunci dari boarding sampai penumpang seluruhnya deplaned.

Citra Rienanti, salah seorang penumpang Lion Air menyebut keluarga kapten pilot dibolehkan masuk ke dalam kokpit. Hal ini menjadi kekhawatiran, karena dapat membahayakan keselamatan penumpang yang berada dalam perjalanan itu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5718 seconds (0.1#10.140)