Trik Kelola Keuangan Saat Lebaran Mepet Tahun Ajaran Baru

Sabtu, 24 Juni 2017 - 06:35 WIB
Trik Kelola Keuangan Saat Lebaran Mepet Tahun Ajaran Baru
Trik Kelola Keuangan Saat Lebaran Mepet Tahun Ajaran Baru
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini banyak keperluan yang harus dipenuhi masyarakat, karena waktunya cukup mepet dengan anak masuk sekolah dan tahun ajaran baru.

Kondisi ini tentu membuat para orang tua ketar-ketir. Betapa tidak, Lebaran atau tahun ajaran baru saja sudah cukup menguras kantong, kini keduanya terjadi di waktu yang hampir berdekatan.

Lantas, bagaimana para orang tua mengelola keuangan agar kantong tidak jebol?

Perencana Keuangan Eko Endarto mengungkapkan, Lebaran dan tahun ajaran baru sejatinya dua hal yang sudah terprediksi waktunya dari tahun sebelumnya. Dengan demikian, sudah seharusnya para orang tua mempersiapkan kebutuhan uang untuk dua hal tersebut jauh-jauh hari.

"Sebenarnya kan Lebaran sama tahun ajaran baru kita sudah tahu tahun sebelumnya. Bahkan kalau tahun ajaran baru, kita sudah harus tahu ketika anak itu lahir misalnya. Harusnya sih sudah ada dananya," kata dia saat dihubungi SINDOnews belum lama ini.

Jika saat diperlukan dananya tidak ada, kata Eko, maka ada yang salah dalam perencanaan keuangan keluarga tersebut. Atau justru memang tidak ada perencanaan keuangan yang tersusun.

Kalau sudah begitu, maka para orang tua harus memutar otak agar Lebaran tidak membuat mereka terlilit utang. Salah satunya adalah dengan membuat prioritas terlebih dahulu. " Jadi kita harus prioritaskan mana yang utama," imbuhnya.

Di antara Lebaran dan tahun ajaran baru, mana yang menurut para orang tua lebih utama. Jika ada sisanya, baru dialokasikan untuk kebutuhan lain. Sehingga, harus ada yang dikorbankan agar pengeluaran pun tidak terlalu besar.

"Saran saya tetap utamakan pendidikan dulu ya. Sekolah dulu baru nanti untuk biaya Lebaran. Harus ada yang dikorbankan lah. Karena Lebaran kan tidak harus boros juga sebenarnya," tutur Eko.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6787 seconds (0.1#10.140)