Hadapi Arus Balik, LMS Beri Diskon 10% Pengguna E-Toll di Tol Cipali

Jum'at, 30 Juni 2017 - 18:09 WIB
Hadapi Arus Balik, LMS Beri Diskon 10% Pengguna E-Toll di Tol Cipali
Hadapi Arus Balik, LMS Beri Diskon 10% Pengguna E-Toll di Tol Cipali
A A A
JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan pelayanan serta menggurai kemacetan pada arus balik mudik Lebaran 2017, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memberikan diskon 10% untuk kendaraan golongan 1 yang menggunakan kartu uang elektronik (e-payment) saat bertransaksi di gerbang tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Hal ini berlaku selama arus balik, per tanggal 30 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017.

Pembayaran melalui uang elektronik sejauh ini dinilai membantu mempercepat proses transaksi di gerbang tol. LMS mengapresiasi dukungan masyarakat untuk menggunakan ETC sehingga meningkatkan efisiensi transaksi di jalan tol dan memperlancar arus lalu lintas. “Sampai dengan hari ini, jumlah penetrasi ETC di tol Cipali mencapai hampir 20%. dari total transaksi,” ujar Wakil Presiden Direktur LMS Firdaus Azis dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Selanjutnya saat arus balik, pengemudi juga diimbau untuk menyiapkan uang pas Rp55.500 khususnya untuk kendaraan yang masuk dari GT Kaligangsa atau GT Brebes Timur (sebelum masuk tol Cipali, melalui GT Palimanan utama), karena tidak akan diberlakukan pembulatan tarif. Meski demikian, guna mempercepat transaksi yang menggunakan uang tunai, LMS telah menyediakan voucher pengganti uang tunai dengan tarif normal Rp 5.500 sebelum gardu tol oleh petugas JKR dengan identitas LMS.

Selain itu, untuk pengemudi yang hendak balik ke arah Jakarta, sebaiknya memastikan terlebih dahulu agar Bahan Bakar Minyak (BBM) di kendaraannya terisi penuh. Hal ini untuk mengantisipasi antrian panjang di SPBU rest area. LMS bersama Pertamina juga bekerja sama menyediakan BBM kemasan berukuran 10 liter di rest area Tol Cipali sehingga dapat menghindari antrian panjang di SPBU.

“Kami juga menghimbau kepada pengemudi untuk tidak memaksakan diri masuk ke dalam rest area jika sudah penuh. Pengemudi dapat beristirahat di luar area Tol Cipali dengan keluar melalui gerbang tol terdekat. Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke Tol Cipali dan tarif tolnya jika ditotal akan tetap sama saat dihitung jumlah yang mesti dibayarkan,” katanya.

Pengemudi juga diminta untuk memeriksa kondisi kendaraannya seperti rem, lampu dan lainnya agar berfungsi dengan baik, serta menjaga jarak aman dan mematuhi batas kecepatan berkendara demi keselamatan bersama. Beristirahatlah jika lelah dan mengantuk di rest area dan parking bay yang tersedia.

“Kami menyiapkan parking bay baru yang dilengkapi dengan fasilitas mushola dan toilet selama masa mudik. Namun parking bay tersebut hanya akan dibuka sesuai dengan rekomendasi pihak kepolisian untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran seluruh pengguna jalan tol,” ungkapnya.

Adapun fasilitas parking bay tersebut yakni di: Cikopo (bekas gerbang tol Cikopo di KM 78 A arah Cirebon dan KM 78 B arah Jakarta) KM 153+400 A (arah Cirebon) dan KM 155+200 B (arah Jakarta)

Sedangkan di sepanjang jalan tol Cipali, terdapat delapan rest area yakni: Empat (4) Rest Area Tipe A (besar) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, SPBU, bengkel siaga, dan layanan kesehatan sementara, ada di: KM 102 arah Cirebon, KM 101 arah Jakarta, KM 166 arah Cirebon dan KM 164 arah Jakarta.

Empat (4) Rest Area Tipe B (kecil) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, ada di KM 86 arah Cirebon, KM 86 arah Jakarta, KM 130 arah Cirebon, KM 130 arah Jakarta.

Tak hanya itu, LMS juga menyediakan posko pelayanan kesehatan sementara bagi semua pengguna jalan tol Cipali yang membutuhkan di setiap Rest Area tipe A dan tipe B secara gratis. Sedangkan bagi para pengemudi yang membutuhkan peta tol Cipali, LMS menyediakannya di Rest Area KM 164 arah Jakarta mulai dari 28 Juni hingga 1 Juli 2017 secara gratis.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8955 seconds (0.1#10.140)