Menteri PUPR Janjikan Tol Brebes Timur-Semarang Beroperasi 2018

Jum'at, 07 Juli 2017 - 00:07 WIB
Menteri PUPR Janjikan Tol Brebes Timur-Semarang Beroperasi 2018
Menteri PUPR Janjikan Tol Brebes Timur-Semarang Beroperasi 2018
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjanjikan ruas tol Brebes Timur dapat beroperasi hingga ke Semarang saat musim mudik 2018. Pasalnya, pada musim mudik tahun ini, ruas tol tersebut belum berfungsi secara optimal dan hanya difungsikan sebagai tol darurat.

Dia membeberkan, ruas tol tersebut memiliki panjang sekitar 65 kilometer (km). Adapun pembagiannya adalah Brebes Timur-Pemalang sekitar 37 km, Pemalang-Batang sekitar 39 km, dan Batang-Semarang sekitar 75 km.

‎"Tahun depan tantangannya adalah tol darurat ini. Insya Allah sudah akan jadi tol. Itu sampai ke Semarang. Kalaupun belum operasi, tapi sudah menjadi badan jalan tol yang empat lajur. Ini tantangannya," katanya di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Basuki menuturkan, untuk periode mudik tahun depan, tol tersebut memang hanya tersambung hingga Semarang. Namun dirinya berjanji, hingga akhir 2018 tol tersebut dapat tersambung hingga Surabaya.

"Insya Allah lebih baik dari tahun ini. Kalau 2018, Insya Allah nyambung sampai Surabaya. Tapi kalau mudik 2018, saya akan coba sampai Semarang," imbuh dia.

Basuki menambahkan, pihaknya juga akan mengembangkan jalur lintas pantai selatan (pansela) di musim mudik tahun depan. Dengan begitu, kemacetan pun akan jauh lebih terurai.

"Pansela harus kita siapkan sebagai jalur alternatif pemudik yang di selatan. Kemudian ada di Nagrek, Limbangan, Gentong harus kita cari alternatifnya supaya tidak ada kemacetan di sana. Harus kami siapkan 10 bulan ini. Kami punya waktu 10 bulan untuk siapkan prasarana ini," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7028 seconds (0.1#10.140)