Semarang Kerja Sama dengan China di Bidang Pariwisata

Selasa, 11 Juli 2017 - 23:03 WIB
Semarang Kerja Sama dengan China di Bidang Pariwisata
Semarang Kerja Sama dengan China di Bidang Pariwisata
A A A
SEMARANG - Minat sejumlah negara menjalin kerja sama dengan Pemkot Semarang semakin tinggi, menyusul semakin berkembangnya destinasi wisata di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Sebelumnya, Kota Split di Kroasia, Kota Ulsan di Korea Selatan sudah lebih dulu berkunjung ke Kota Semarang untuk menjajaki kerja sama, khususnya di bidang pariwisata.

Terbaru, Kota Semarang kembali, menerima perwakilan dari China, yaitu dari Kota Jianyang, yang berminat menjalin kerja sama. Keseriusan tersebut ditunjukkan dengan kedatangan langsung delegasi Pemerintah Kota Jianyang di kantor Wali Kota Semarang, Selasa (11/7/2017).

Pimpinan delegasi, Yang Xin Qiang, Jianyang City Party Secretary mengakui, Kota Semarang punya kedekatan dengan China. Yaitu faktor historis, dimana Laksamana Ceng Ho yang merupakan orang China yang berlabuh ke Semarang. Saat ini, juga telah dibangun Klenteng Sam Poo Kong.

“Mudah-mudahan antara pemerintah Semarang dan Jianyang bisa menjalin kerja sama. Dimulai dari bidang pariwisata. Semarang dan Jianyang sama-sama punya tempat wisata yang menarik,” ujar Yang Xin Qiang yang datang bersama rombongan, Selasa (11/7/2017).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pun merespons positif. Dia mengatakan, ada banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata reliji, yakni Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Agung Semarang (Kauman), Klenteng Sampoo Kong. Kemudian ada wisata kota, yakni Lawang Sewu, Kota Lama. Sedangkan wisata edukasi, yakni Bonbin Mangkang, Taman Lele, Museum Mandala Bhakti.

Kemudian ada wisata kuliner, yakni di pusat oleh-oleh Pandanaran. Saat ini, imbuhnya, Pemkot tengah mengembangkan wisata alam, seperti Air Terjun Kalipancur, Kampung Pelangi. Ada sekitar 390 rumah yang dicat berwarna-warni seperti pelangi.

“Kami diundang Pemerintah Jianyang untuk kunjungan balasan pada November mendatang. Nantinya dalam kunjungan balik tersebut, kami akan ajak beberapa pengusaha Semarang,” ujar pria yang akrab disapa Hendi ini.

Wali Kota menambahkan, dengan adanya kerja sama ini, dapat membuka lebih luas pemasaran produk-produk dari Kota Semarang, mengingat pasar di China sangatlah besar.

"Dengan adanya kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Semarang tentu juga membawa produk-produk dari sini. Kerja sama ini akan berdampak baik terhadap dunia usaha. Ke depan, kerja sama bisa semakin diperluas," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5853 seconds (0.1#10.140)