Pasokan Melimpah, Harga Minyak Dunia Turun

Jum'at, 14 Juli 2017 - 09:41 WIB
Pasokan Melimpah, Harga Minyak Dunia Turun
Pasokan Melimpah, Harga Minyak Dunia Turun
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia pada perdagangan hari ini turun akibat persediaan bahan bakar tinggi dan meningkatkan efisiensi industri. Namun, masih berada di jalur untuk mendapatkan keuntungan mingguan yang solid.

Seperti dikutip Reuters, Jumat (14/7/2017), harga minyak mentah brent turun 8 sen atau 0,2% ke level USD48,34 per barel pada pukul 01.51 GMT (9:51 WIB), namun naik 3,5% untuk pekan ini.

Sementara, harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berada di level USD45,98 per barel, turun 10 sen atau 0,2% namun naik sekitar 4% untuk pekan ini.

Harga minyak mentah berada di sekitar level pada akhir November tahun lalu, ketika sekelompok produsen minyak termasuk Rusia dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) berjanji untuk menahan produksi 1,8 juta barel per hari (bpd) antara Januari tahun ini dan Maret 2018 Untuk memperketat pasar.

Analis minyak di perusahaan riset dan pialang Sanford C Bernstein mengatakan bahwa stok minyak global tetap tinggi. "Untuk paruh pertama 2017, persediaan OECD cenderung berakhir lebih tinggi, daripada lebih rendah. Penjelasan yang paling masuk akal adalah kepatuhan OPEC tidak setinggi yang disarankan," kata Bernstein.

"OPEC harus memotong lebih dalam dan lebih lama jika ingin menghilangkan overhang persediaan dan harga akan naik," imbuhnya.

Kenaikan harga minyak tampak terbatas bahkan jika OPEC mengambil tindakan lebih karena produksi serpih AS yang tinggi. Goldman Sachs mengatakan, prospek harga minyak mentah masih lemah, terutama karena meningkatnya efisiensi biaya dari drilling AS shale. "Kami melihat potensi serpih turun menjadi USD45 dan kita melihat kisaran WTI tahunan USD45-USD55 per barel," kata bank investasi AS.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6391 seconds (0.1#10.140)