Menko Darmin: Redenominasi demi Efisiensi Nasional

Rabu, 26 Juli 2017 - 14:30 WIB
Menko Darmin: Redenominasi demi Efisiensi Nasional
Menko Darmin: Redenominasi demi Efisiensi Nasional
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai keinginan Bank Indonesia (BI) untuk menyederhanakan nilai mata uang rupiah atau yang dikenal dengan sebutan redenominasi harus benar-benar disosialisasikan‎. Pasalnya redenominasi dinilai memiliki banyak manfaat, terutama terkait efisiensi.

"(Redenominasi) ini betul-betul untuk efisiensi secara nasional. Bayangkan kalau tiga digit angka berkurang, di IT orang berkurang berapa? Sekarang jaman IT," ujar Darmin di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Lebih lanjut Ia menegaskan, redenominasi dilakukan semata-mata untuk efisiensi dan perasaan bangga (pride). Dicontohkan olehnya orang yang berangkat haji membawa uang segepok kemudian setelah ditukar di Arab Saudi hanya mendapatkan beberapa lembar saja. "Itu merasa bagaimana? Atau turis dari luar, dia kasih USD300 (ditukar) dapat banyak sekali. Dia mulai mikir, ini negara apa sih," katanya.

Darmin mengaku rencana persiapan redenominasi tak jauh beda seperti yang direncakan saat dulu. ‎Di mana, ia menjelaskan ada masa transisi yang mengharuskan adanya sosialisasi yang gencar.

Selain itu, menurutnya perlu dipersiapkan secara matang berkenaan dengan peraturan perundang-undangannya‎ agar sektor perdagangan bisa mengkondisikan masalah harga yang bakal diterapkan mereka. ‎"Paling tidak sosialisasi dan (menyiapkan) UU 2 tahun. Transisi 3-4 tahun. Lalu tuntas. RUU (saja) belum dibahas," ungkapnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0507 seconds (0.1#10.140)