Kembangkan Kredit Murah, Walkot Semarang Terima Upakarti

Kamis, 03 Agustus 2017 - 01:11 WIB
Kembangkan Kredit Murah, Walkot Semarang Terima Upakarti
Kembangkan Kredit Murah, Walkot Semarang Terima Upakarti
A A A
JAKARTA - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan Upakarti dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Penghargaan U‎pakarti sendiri merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada seseorang atas karya jasa pengabdian dan kepeloporan dalam industri kecil. Salah satu inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang dalam pengembangan pelaku usaha industri kecil adalah fasilitas Kredit Wibawa (Wirausaha Bangkit Jadi Jawara).

Melalui Kredit Wibawa, pelaku UMKM dibantu permodalan dengan bunga terkecil se-Indonesia, hanya 3% per tahun, dan bahkan juga disediakan skema pinjaman tanpa angsuran. "Fasilitas Kredit Wibawa merupakan bukti dari komitmen kami di Pemerintah Kota Semarang terhadap pengembangan pelaku usaha industri kecil," jelas Hendi sapaan akrabnya.

Ia menyebutkan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini pelaku usaha industri kecil menengah di Kota Semarang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut terlihat dari data pemerintah Kota Semarang terkait jumlah volume usaha atau omzet seluruh pelaku usaha kecil menengah.

Tercatat pada 2012, seluruh pelaku usaha kecil menengah di Kota Semarang hanya mampu membukukan omzet Rp314 miliar, dan pada 2015 hanya meningkat sedikit menjadi Rp379 miliar. Barulah pada 2016, angka tersebut meningkat tajam menjadi Rp726 miliar.‎
(ven)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0849 seconds (10.55#12.26)