Awas, Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Bandara NYIA Marak

Kamis, 03 Agustus 2017 - 01:42 WIB
Awas, Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Bandara NYIA Marak
Awas, Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Bandara NYIA Marak
A A A
KULON PROGO - Rencana pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Menawarkan lapangan kerja dengan gaji menggiurkan, sejumlah calon pekerja diminta menyetorkan uang.

“Hati-hati dengan modus penipuan kerja di bandara NYIA,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana, Rabu (2/8/2017).

Menurutnya ada dua orang yang mengadu ke dinas. Mereka datang karena curiga dengan biaya perekrutan yang akan ditarik oleh PT Angkasa Pura I dengan nilai sampai beberapa juta. Dinas sendiri sudah berkomunikasi dengan PT AP I dan memastikan tidak ada pungutan dalam seleksi pegawai BUMN.

“Uang itu disebut sebagai biaya akomodasi dan harus disetorkan paling lambat Selasa kemarin. Untung ke dinas, jadi tidak terlanjur transfer,” terang Eko.

Humas Proyek Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I, Gani Wijaya mengatakan, pembangunan bandara baru berpotensi dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab. Mereka bisa saja melakukan penipuan dengan mencatut nama PT Angkasa Pura I.

Soal dugaan kasus penipuan yang dilaporkan ke Dinsosnakertrans Kulon Progo, Gani menegaskan tidak ada biaya apapun dalam perekrutan tenaga kerja. PT Angkasa Pura I bahkan belum membuka lowongan kerja lagi setelah April lalu."Kalau ada biaya, berarti itu penipuan," ujar Gani.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0766 seconds (0.1#10.140)