Desain LRT Jabodebek Tahap II Selesai Tahun Ini

Minggu, 06 Agustus 2017 - 15:15 WIB
Desain LRT Jabodebek Tahap II Selesai Tahun Ini
Desain LRT Jabodebek Tahap II Selesai Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Pembangunan Light Rail Transit Jakarta-Bogor-Depot-Bekasi (LRT Jabodebek) untuk tahap pertama baru mencapai 20%, namun tahapan II LRT mulai digarap. Bahkan, desain LRT tahap II diperkirakan selesai tahun ini.

Direktur Utama PT Adhi Karya Budhi Harto mengatakan, sesuai Peraturan Presiden (Perpres), maka LRT Jabodebek tahap II dikerjakan perusahaan yang dipimpinnya. Karena itu, pihaknya sudah membuat desain lanjutan untuk tahap kedua.

"Kami perkirakan tahun ini selesai desain LRT Jabodebek tahapa II. Sehingga, penggarpannya dimulai bila dapat sinyal pemerintah," ujar dia saat dihubungi SINDOnews, Jakarta, Minggu (6/8/2017).

Menurutnya, tahap pertama ada tiga seksi pekerjaan, yaitu dari Cibubur-Dukuh Atas, kemudian dari Bekasi Timur-Dukuh Atas dan sesi terakhir dari Cawang Dukuh Atas. Targetnya pada akhir 2019 atau Desember selesai.

"Kalau lancar tidak ada kendala yang berarti, kami targetkan tahap pertama ini pembangunan fisik selesai 2019. Baru tiga bulan selanjutkan uji coba, sehingga operasional 2020," terangnya.

Untuk tahap pertama ini secara keseluruhan lancar, tetapi ada sedikit masalah tanah di Bekasi Timur jumlahnya sekitar 10 hektare (ha). Rencananya untuk pembangunan depo.

"Hanya itu saja yang sedikit kendala, tetapi secara keseluruhan lahan tahap pertama selesai September 2017," kata dia.

Khusus LRT Jabodebek tahap kedua, lanjut Budhi, desain tahun ini selesai. Kemudian pembangunanya memerlukan waktu dua tahun.

"Harapan kami desain bisa diselesaikan, maka tahun selanjutnya pembangunan fisiknya juga bisa dikerjakan. Sehingga, LRT Jabodebek bisa selesai secara bersamaan," ujar dia seraya mengaku bila dana untuk tahap dua belum bisa dipastikan, menunggu desain selesai.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5417 seconds (0.1#10.140)